Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Spesifikasi Honda CR-V e:HEV dan Toyota Corolla Cross HEV

Kompas.com - 23/08/2023, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) menjawab tantangan di kelas SUV hybrid dengan menghadirkan All New CR-V RS e:HEV. Mobil ini bisa menjadi lawan dari Toyota Corolla Cross GR Sport HEV.

Kedua SUV ini merupakan hybrid electric vehicle (HEV). Kemudian, kedua mobil ini juga sama-sama didatangkan impor secara utuh, berstatus completely built up (CBU) dari Thailand. Lalu, apa yang membedakannya?

Baca juga: New Brio dan All New CR-V Dominasi Penjualan Honda di GIIAS 2023

All New CR-V Hybrid dibekali dengan mesin 2.0 L direct-injected 4-Cylinder Atkinson cycle DOHC. Mesinnya dikombinasikan dengan Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT) dan baterai lithium-ion dengan kapasitas 1,06 kWh.

All New Honda CR-V HybridDok. HPM All New Honda CR-V Hybrid

Tenaga yang dihasilkan dari mesin mencapai 145 Tk dan torsinya 181 Nm. Sedangkan motor listriknya, menghasilkan tenaga 181 tk dan torsi 335 Nm.

Sedangkan Corolla Cross Hybrid, dibekali dengan mesin 1.800 cc, DOHC, VVT-i, 4-silinder. Mesinnya dipadukan dengan transmisi CVT. Sedangkan baterainya, berkapasitas 1,31 kWH dengan lithium-ion.

Baca juga: All New Honda CR-V Raih Bintang Lima Hasil Tes Tabrak ASEAN NCAP

Mesinnya memiliki tenaga 96 Tk dan torsinya 142 Nm. Untuk motor listriknya, dapat menghasilkan tenaga sebesar 71 tk dan torsi hingga 162 Nm.

Test drive Toyota Corolla Cross HybridKOMPAS.com/Ruly Test drive Toyota Corolla Cross Hybrid

Jika dibandingkan spesifikasi mesin di atas kertas, maka jelas All New CR-V lebih unggul dibandingkan Corolla Cross Hybrid. Namun, perlu diingat, kapasitas mesin CR-V memang sedikit lebih besar.

Soal fiturnya, baik All New CR-V Hybrid maupun Corolla Cross Hybrid, sudah dilengkapi head unit berukuran 9 inci yang dapat dikoneksikan dengan smartphone, melalui Android Auto dan Apple CarPlay.

All New Honda CR-V e:HEV alias All New CR-V HybridKompas.com/Adityo All New Honda CR-V e:HEV alias All New CR-V Hybrid

Kemudian, pada All New CR-V Hybrid, atapnya dilengkapi dengan panoramic sunroof. Sementara pada Corolla Cross Hybrid, atapnya dibekali dengan power moonroof.

Untuk fitur keamanan aktif, sudah terdapat sistem bantuan pengemudi pada masing-masing mobil ini. Honda dibekali dengan Honda Sensing dan Toyota memiliki Toyota Safety Sense (TSS).

Baca juga: Merek China Menginvasi GIIAS 2023

Toyota Corolla Cross Hybrid 2023Dok. Motor1.com Toyota Corolla Cross Hybrid 2023

Soal harga, banderol kedua mobil ini tentunya juga berbeda. All New CR-V Hybrid saat ini dijual Rp 799,9 juta (OTR Jakarta). Sedangkan Corolla Cross Hybrid, harganya Rp 608,4 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com