Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Desain Alva Cervo, Racikan Asli Indonesia

Kompas.com - 02/08/2023, 14:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alva, merek motor listrik asal Indonesia sudah punya dua produk, yakni One dan Cervo. One meluncur di 2022 sedangkan Cervo baru dua bulan lalu di Mei 2023.

Soal produk, saat Alva One meluncur, sebenarnya masih banyak yang skeptis, apakah produk lokal ini benar-benar dari Indonesia. Ternyata, memang ada produk yang mirip tampilannya, yaitu Arena VT3, motor listrik asal Spanyol.

Saat awal peluncuran, pihak Alva menyatakan kalau kemiripan tadi adalah hasil kerja sama. Jadi tetap diproduksi di Indonesia, cuma untuk desain memang masih kolaborasi dengan produk yang sudah ada sebelumnya.

Baca juga: Setahun Jualan, Alva Klaim Berhasil Hapus 88,5 Ton Emisi CO2

ALVA meluncurkan ALVA CERVO, motor listrik berdesain Italia dan berteknologi baru yang sesuai dengan kebutuhan dan iklim Indonesia. Dok. ALVA ALVA meluncurkan ALVA CERVO, motor listrik berdesain Italia dan berteknologi baru yang sesuai dengan kebutuhan dan iklim Indonesia.

COO Alva, Septriawan Rahmat mengatakan, produk pertama memang hasil kolaborasi. Tapi untuk yang kedua atau Cervo, benar-benar dikembangkan secara lokal.

"Cervo benar-benar kita kembangkan dari nol, ground-up," kata Rahmat di acara Media Gathering, Selasa (1/8/2023).

Secara tampilan, memang belum terlihat ada motor listrik lain yang desainnya seperti Cervo. Bisa dibilang, Cervo punya aura performa yang kuat, ditambah tongkrongan yang futuristis.

Baca juga: Indonesia Dominasi Pasar Sepeda Motor ASEAN Semester I/2023

"Kita bersyukur banget sudah punya tim dari berbagai pengalaman, merek Jepang, Amerika, roda dua, roda empat. Talenta lokal kita untuk pengembangan di awal sudah cukup," kata Rahmat.

Rahmat tidak menyangkal, tetap ada bantuan dari pihak luar saat membuat Cervo. Tapi setidaknya ini jadi langkah positif dalam pengembangan motor listrik yang benar-benar asli Indonesia.

Rahmat menjelaskan, Cervo dikembangkan dari nol, cuma dari sketsa. Bahkan pihak marketing turut serta, mencari tahu motor listrik seperti apa yang disukai orang Indonesia, begitu juga yang sedang ngetren.

"Kita enggak pakai clay (tanah liat buat membuat prototipe), jadi bisa lebih cepat membangun produknya. Kita pakai teknologi baru, itu polyurethane high density, pakai mesin, jauh lebih cepat dan presisinya mirip-mirip (dengan clay)," ucap Rahmat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com