Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Santai Toyota Soal Dominasi Merek China di GIIAS 2023

Kompas.com - 20/08/2023, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan merek mobil penumpang berpartisipasi pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Menariknya, ajang tersebut juga di ramaikan oleh pabrikan asal China untuk menunjukkan kebolehan di Indonesia. Mulai debut, sekadar perkenalan, sampai langsung penetrasi pasar.

Tercatat ada lima merek mobil baru asal China yang memulai debut di Indonesia pada pameran GIIAS tahun ini.

Baca juga: Klasemen MotoGP Usai Sprint Race Austria, Pecco Makin Kokoh di Puncak

Mulai dari Great Wall Motor yang membawa merek Tank, Haval dan Ora. Kemudian ada juga Neta dan Maxus. Semua merek ini berada di bawah payung distribusi Grup Indomobil.

Ada juga merek lain yang sudah eksis di Indonesia dan masih konsisten berpartisipasi dalam ajang GIIAS, seperti Chery, DFSK, Wuling, Seres dan MG.

MOBIL GIIAS 2023KOMPAS.com/Dio Dananjaya MOBIL GIIAS 2023

Melihat persaingan yang semakin ketat, Toyota Indonesia menanggapi dengan santai kehadiran merek-merek pendatang asal China. Menurutnya masyarakat bisa mendapatkan lebih banyak pilihan kendaraan.

“Saya rasa dengan banyak merek baru, menjadi daya tarik dan animo masyarakat seperti pameran ini semakin ramai,” ucap Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, di ICE BSD, Sabtu (19/8/2023).

Baca juga: Merek China Menginvasi GIIAS 2023

Meski begitu, kata Anton, tidak dipungkiri kehadiran merek China memang membuat persaingan semakin ketat, namun di sisi lain hal tersebut juga berdampak positif bagi pasar.

“Di satu sisi memang betul kompetisi itu ada semacam ancaman buat kita tapi lebih banyak sisi positifnya dari sisi market dan industrinya. Jadi diharapkan dengan market naik, jualan bisa naik. Industri ekosistem dari elektrifikasi semakin banyak juga membantu Toyota juga,” kata Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com