Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Mengaku Sudah Jualan 3.700 Unit selama GIIAS 2023

Kompas.com - 20/08/2023, 07:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - GIIAS masih berlangsung hingga Minggu (20/8/2023), namun PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah membagikan data rekap penjualan sementara selama delapan hari pameran.

Berdasarkan data, TAM berhasil menjual sebanyak 3.714 unit sejak awal GIIAS yang dimulai pada 10 Agutus hingga 18 Agustus 2023. Angka tersebut juga diprediksi akan meningkat karena ada sisa dua hari akhir yang belum terekap.

Anton Jimmi Suwandy, Direktor Pemasaran TAM menjelaskan, angka penjualan tersebut dinilai cukup baik karena meningkat sebanyak 14 persen, dibandingkan GIIAS tahun lalu.

Baca juga: Toyota Ungkap Mobil Terlaris Selama GIIAS 2023, Alphard Termasuk

Innova Zenix Hybrid jadi varian Hybrid terlaris Toyota di GIIAS 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Innova Zenix Hybrid jadi varian Hybrid terlaris Toyota di GIIAS 2023

“Ada kemungkinan persentase itu bisa meningkat, karena masih ada sisa beberapa hari pameran khususnya di waktu weekend, lebih ramai (penhunjung),” ujar Anton kepada Kompas.com, Sabtu (19/8/2023).

Terkait angka tersebut, ada satu poin yang digarisbawahi Anton, yakni soal tingginya nilai transaksi bukan disebabkan oleh diskon, melainkan demand market yang memang tinggi untuk produk Toyota.

Diskon itu kan sistemal, tergantung kompetisi atau ketersediaan stok saja, yang penting itu kondisi marketnya (permintaan pasar),” ujarnya.

Baca juga: Avanza-Veloz Dominasi Penjualan Toyota di GIIAS 2023

All New Alphard Hybrid sumbang penjualan tinggi untuk Toyota selama GIIAS 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy All New Alphard Hybrid sumbang penjualan tinggi untuk Toyota selama GIIAS 2023

Pada kesempoatan yang sama, Anton juga menanggapi informasi seputar adanya diskon-diskon besar yang diberikan oleh kompetitor untuk produk miliknya. Terkait hal ini, Anton mengaku tidak khawatir, karena berpatokan pada kondisi permintaan pasar.

“Sekali lagi, tergantung marketnya. Mau diskonnya sebesar apapun kalau marketnya tidak ada, kan percuma juga,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com