Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tepis Ribet, Pemilik Mobil Suzuki Bisa Servis di Rumah Saja

Kompas.com - 19/08/2023, 11:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terus mempertahankan komitmennya dalam memberikan pelayanan purna jual.

Sebagai informasi, produsen otomotif berlambang S ini memiliki pertumbuhan service activity sebesar 2,4 persen per tahun, sejak 2020 lalu. Kinerja ini turut didukung dengan 191 outlet bengkel resmi dan 52 outlet service point di seluruh Indonesia.

Selain itu, Suzuki terus menjangkau pelanggan baik di perkotaan hingga berbagai wilayah sampai dengan pelayanan ke rumah untuk memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam perawatan mobil Suzuki.

Baca juga: Promo Kredit Motor Listrik di GIIAS 2023, DP Mulai Rp 750.000

"Selain layanan purna jual seperti bengkel resmi dan Halo Suzuki 24 Jam, Suzuki juga menjangkau berbagai kebutuhan perawatan pelanggan lewat cara lain seperti Service Point Outlet, Home Service, Moving Service, dan Fleet Service,” ucap Hariadi, Asst. to Dept. Head Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Jumat (18/9/2023).

Hariadi melanjutkan, salah satu bentuk layanan yang cukup intensif dimanfaatkan oleh pelanggan masa kini yaitu Home Service, di mana pihaknya melihat kebutuhan pelanggan untuk mendapatkan kemudahan dan kepraktisan.

Home Service SuzukiSuzuki Home Service Suzuki

Ada 61 persen dari total service outlet Suzuki atau 123 outlet berada di 60 kota besar dan menengah. Sedangkan 39 persen lainnya merupakan 79 outlet tersebar di 75 wilayah sub-urban.

Berdasarkan data yang dipantau oleh SIS, sebanyak 12 persen pelanggan di wilayah urban dan 12 persen pelanggan di wilayah sub-urban belum melakukan servis rutin di Bengkel Resmi Suzuki, sehingga ada potensi servis harus dipenuhi melalui bentuk layanan yang lain, yaitu Service Point Outlet, Home Service, Moving Service, dan Fleet Service.

Suzuki juga menyediakan moving service untuk menjangkau pelanggan yang berada di daerah yang jauh, seperti perkebunan atau pedesaan yang berjarak lebih dari 30 Km atau membutuhkan berkendara lebih dari satu jam untuk bisa sampai ke bengkel resmi terdekat.

Home Service SuzukiSuzuki Home Service Suzuki

Layanan servis di rumah dapat dimanfaatkan oleh pelanggan untuk melakukan perawatan berkala, 1.000 Km, 5.000 Km, 10.000, hingga 20.000 Km. Termasuk perbaikan ringan, ganti baterai, dan ganti pelumas, juga pekerjaan yang dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 2 jam

Sebagai contoh, jika kendaraan mengalami masalah di lokasi, layanan ini akan melakukan pemeriksaan awal dan melakukan perbaikan jika memungkinkan dalam waktu singkat. Namun, untuk perbaikan yang lebih kompleks dan membutuhkan waktu lebih dari 2 jam, kendaraan akan dirujuk ke bengkel resmi untuk penanganan lebih lanjut.

Setiap unit Home Service mampu menangani 3 hingga 4 lokasi yang berjarak sampai dengan 15 Km dalam sehari, dengan didampingi oleh tim mekanik berpengalaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com