Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi Toyota Rangga, Pakai Mesin Hilux

Kompas.com - 18/08/2023, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Astra Motor (TAM) memamerkan Rangga Concept, mobil niaga yang mau mengembalikan pamor Kijang saat masa jayanya.

Redaksi Kompas.com dapat kabar kalau Rangga dalam bentuk produksi akan dijual awal 2024. Informasi lain yang kami dapatkan adalah pilihan mesin, antara bensin atau diesel tersedia.

Hery Harjanto, Staff Conversion Project PT TAM mengatakan, mesin yang dipakai akan sama dengan Hilux yang dijual saat ini. Cuma uniknya, Rangga direncanakan punya harga yang lebih rendah.

Baca juga: Pakai Mesin Diesel dan Bensin, Toyota Rangga Calon Angkot Masa Depan

Toyota Rangga Concept rencananya dipasarkan dalam model pikap dan sasis onlyKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Toyota Rangga Concept rencananya dipasarkan dalam model pikap dan sasis only

"Mesin sama (dengan) Hilux, rencana 1TR dan 2GD," kata Hery kepada Kompas.com, Kamis (17/8/2023).

Berdasarkan informasi tersebut, maka untuk spesifikasi mesinnya bisa kita lihat dari Hilux yang kini dijual. Memang, ada versi single cab dengan mesin 2.000cc 1TR-FE, empat silinder DOHC dengan dual VVT-i.

Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut adalah 139 PS atau setara 137 TK di 5.600 RPM dan torsi 183,3 Nm di 4.000 RPM. Secara spesifikasi, cukup mumpuni buat kendaraan niaga, tapi ada juga yang pilihan mesin diesel.

Baca juga: Masih Ada Pilihan Mobil Baru Harga Rp 100 Jutaan di GIIAS 2023


Kalau benar memakai mesin 2GD di Hilux atau lebih rinci 2 GD-FTV, merupakan mesin 2.400cc DOHC dengan VNT Intercooler. Tenaganya badak, 149,6 PS atau setara 147,5 TK di 3.400 RPM dan torsi 343,2 Nm di 1.400 RPM-2.800 RPM.

Buat pikap, spesifikasi Rangga yang pakai mesin diesel ini bisa dibilang bakal buas. Tapi perlu diingat, ini baru prediksi, Hery juga bilang, kalau semuanya belum baku atau pasti, tapi harus menunggu saat peluncuran resmi, awal 2024.

Untuk dimensi dari Rangga, sebenarnya sales di booth Toyota Komersial sudah menyebarkan. Tapi, brosur yang dikasih lihat ke calon konsumen tadi tidak bisa dibawa pulang, jadi masih belum bisa dipublikasikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com