Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Mobil Listrik Termurah di GIIAS 2023

Kompas.com - 17/08/2023, 13:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 menampilkan banyak mobil listrik. Tidak semua mobil listrik dibanderol dengan harga yang selangit. Beberapa ada juga yang harganya ratusan juta rupiah.

Berikut ini lima mobil listrik termurah di GIIAS 2023:

Wuling Air ev Lite dipamerkan di GIIAS 2023Dok. Wuling Wuling Air ev Lite dipamerkan di GIIAS 2023

1. Wuling Air ev Lite
Menanggapi kehadiran Seres E1 yang dibanderol di bawah Rp 200 juta, Wuling akhirnya mengeluarkan jurus pamungkasnya dengan meluncurkan varian baru dari Air ev.

Air ev Lite resmi diluncurkan di GIIAS 2023 dengan mengalami beberapa ubahan. Perbedaannya cukup banyak dengan Air ev Standard Range, utamanya dari segi fitur.

Air ev Lite dijual dengan harga Rp 188,9 juta (OTR Jakarta). Normalnya, mobil listrik ini dibanderol Rp 206 juta (OTR Jakarta). Tapi, dengan adanya insentif PPN 1 persen, maka harganya menjadi turun.

Test drive mobil listrik murah Baru, Seres E1, di GIIAS 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Test drive mobil listrik murah Baru, Seres E1, di GIIAS 2023

2. Seres E1 B

Mobil listrik pesaing Wuling Air ev ini akhirnya resmi dijual. Secara spesifikasi, keduanya cukup bersaing. Selain itu, secara harga juga cukup kompetitif dibandingkan dengan Air ev.

Seres E1 B dibekali baterai Lithium Ion Phosphate dengan kapasitas 13,8 kWh. Dengan baterai tersebut, mobil listrik ini mampu menempuh jarak hingga 180 km. Sedangkan untuk tenaga yang dihasilkan, dapat mencapai 38 tk dengan torsi 100 Nm.

Seres E1 B dipasarkan dengan harga Rp 189 juta (OTR Jakarta).

3. Seres E1 L
Urutan ketiga mobil listrik termurah di GIIAS 2023 masih dipegang oleh Seres E1, tapi untuk tipe L. Perbedaannya tidak terlalu banyak dengan tipe B.

Untuk E1 tipe L, dibekali dengan baterai berkapasitas 16,8 kWh. Sehingga, mobil listrik ini dapat menempuh jarak hinggga 220 km.

Banderolnya sedikit lebih mahal dari tipe B, yakni 219 juta.

Deretan mobil listrik Wuling Air ev dipamerkan di GIIAS 2023Dok. Wuling Deretan mobil listrik Wuling Air ev dipamerkan di GIIAS 2023

4. Wuling Air ev Standard Range
Untuk varian Standard, Air ev disebutkan bisa menempuh jarak hingga 200 km. Baterainya mengandalkan Lithium Ferro Phosphate dengan kapasitas 17,3 kWh.

Wuling memasarkannya dengan harga Rp 243 juta (OTR Jakarta). Tapi, dengan adanya insentif, maka harganya ada di kisaran Rp 218 jutaan.

5. Wuling Air ev Long Range
Mobil listrik termurah di GIIAS 2023 yang terakhir adalah Air ev tipe Long Range. Tampilannya berbeda sedikit dengan tipe Standard Range.

Untuk Air ev Long Range dibekali dengan baterai yang lebih besar, yakni 26,7 kWh. Maka itu, jarak tempuhnya juga lebih jauh, mencapai 300 km.

Wuling Air ev Long Range dijual Rp 299,5 juta (OTR Jakarta), untuk harga normalnya. Sedangkan setelah dikenakan insentif PPN 1 persen, kisarannya menjadi Rp 270 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com