Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan Torsi Buas Hyundai Ioniq 6 di GIIAS 2023

Kompas.com - 16/08/2023, 15:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

TANGERANG, KOMPAS.com - Hyundai Ioniq 6 resmi meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023). Mobil listrik asal Korea Selatan ini dibanderol Rp 1,197 miliar on the road DKI Jakarta.

Pada pameran GIIAS kali ini, tim redaksi berkesempatan untuk menjajal Hyundai Ioniq 6 secara singkat di area test drive GIIAS 2023.

Sebagai informasi, mobil ini dibekali baterai 77,4 kWh dan menggunakan dual motor dengan sistem penggerak all-wheel drive, Ioniq 6 mampu menghasilkan daya sebesar 320 tk dan torsi sebesar 605 Nm.

Baca juga: Spesifikasi Hyundai Ioniq 6, Baterai Penuh Bisa Tembus Jakarta-Solo

Tenaga maksimal pun memungkinkan Ioniq mampu melaju dari 0-100 kpj hanya dalam waktu 5,1 detik dengan kecepatan maksimal dapat mencapai 185 Km per jam.

Ketika mendapat kesempatan mengendarai Hyundai Ioniq 6, menjadi momen yang cukup mengesankan.

Hyundai Ioniq 6 Kompas.com Hyundai Ioniq 6

Hyundai Ioniq 6 sudah dibekali dengan artificial sound, sehingga ketika tim redaksi menekan pedal gas terdengar suara simulasi mesin mobil.

Posisi duduk tampak sporty, hal ini tak terlepas dari bodi mobil sedan layaknya mobil sport. Setir sudah tilt and telescopic, layar head unit ganda berorientasi kepada pengemudi.

Soal visibilitas, untuk pandangan ke depan dan samping cukup baik lantaran mobil listrik ini memiliki pilar A yang tipis.

Untuk visibilitas belakang dirasa kurang baik, karena kaca yang begitu kecil dan landai, mengingat mobil ini didesain dengan model crossover.

Usai mendapat posisi duduk yang nyaman, tanpa berlama-lama tim redaksi pun langsung menginjak pedal gas. Sensasi torsi instan langsung terasa, padahal mode berkendara yang digunakan adalah normal.

Mobil ini memiliki radius putar yang kecil, sehingga tidak menemukan kesulitan ketika putar balik.

Handling mobil ini juga terbilang cukup baik, bantingan suspensi tidak begitu halus, namun juga tidak keras. Hal ini terbilang wajar, karena karakter mobil yang cukup sporty.

Saat berpindah ke mode berkendara sport, tim redaksi langsung mencoba akselerasi mobil listrik dari Hyundai ini. Dari posisi berhenti, langsung tancap gas sepanjang kurang lebih 100 meter.

Berstatus mobil listrik dengan karakter torsi yang instan, ketika tancap gas dari posisi berhenti, akselerasi begitu halus. Bahkan memberikan sensasi menjambak yang cukup mengagetkan.

Baca juga: Punya Microbus 4x4, Hino Jamin Kualitas dan Legalitas

Tak heran jika pabrikan mengklaim mobil ini mampu berakselerasi 0-100 Km per jam dalam waktu 5,1 detik.

Meski masih penasaran dengan tenaga dan fitur Ioniq 6, dan jujur kata kurang puas hanya menjajal dalam hitungan menit di trek yang terbatas. Namun, kencan singkat dengan mobil Ioniq 6 ini cukup memberikan pengalaman yang menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com