Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Perbedaan Wuling Air EV Lite dengan Air EV Biasa

Kompas.com - 15/08/2023, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling resmi melansir Wuling Air EV Lite di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Varian baru ini mengisi segmen paling rendah sehingga kini Air EV punya tiga varian, yaitu Long Range, Standart Range dan Lite.

Sesuai namanya Air EV Lite, mobil ini hadir dengan harga yang lebih terjangkau. Klaimnya supaya bisa menjangkau masyarakat secara luas. Namun, konsekuensinya ialah ada beberapa fitur yang disunat.

Baca juga: Perusahaan Pembiayaan Ini Tawarkan Kemudahan Asuransi Jiwa

Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko mengatakan, pengurangan fitur tidak menjadikannya kekurangan fitur justru lebih sesuai untuk konsumen yang sedang mencari mobil listrik buat operasional.

Wuling Air EV Lite Kompas.com/Claudia Wuling Air EV Lite

"Kalau secara struktur tidak ada perubahan," ujar Danang kepada Kompas.com, Senin (14/8/2023).

Danang menjelaskan, perbedaan Air EV Lite dengan varian lain yaitu pada eksterior dan fitur, untuk esksterior model paling bawah ini menggunakan satu warna.

"Perbedaan eksterior cuma warnanya jadi dibandingkan dengan standar range kalau Air EV Lite ini single tone color (warna atap sama dengan bodi) kalau yang standard range dan long range itu two tone," kata Danang.

Wuling resmi melansir Wuling Air EV Lite di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.Foto: Wuling Wuling resmi melansir Wuling Air EV Lite di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Kemudian bagian fitur, Air EV Lite hanya punya satu airbag di sisi bagian pengemudi. Sedangkan kalau varian lain yang lebih tinggi yaitu Standart Range dan Long Range pakai dua airbag.

"Kemudian tidak punya kamera mundur. Kemudian tidak ada voice command. Selebihnya baterai sama, penggerak sama dan jarak tempuh sama," kata Danang.

Baca juga: Intip Spesifikasi Mobil Listrik Mitsubishi MiEv, Siap Dijual Tahun Depan

Wuling resmi melansir Wuling Air EV Lite di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Foto: Wuling Wuling resmi melansir Wuling Air EV Lite di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Air EV Lite dipasarkan dengan harga Rp 206.000.000 on ther road (OTR) Jakarta. Namun karena mendapatkan insentif PPN dari pemerintah maka konsumen dapat memilikinya cukup dengan Rp 188.900.000.

Air ev Lite mengusung baterai Lithium Ferro-Phosphate berkapasitas 18 kWh yang dapat dikendarai hingga 200 kilometer saat terisi penuh.

Tipe ini juga mengaplikasikan unsur easy home charging yang memberikan kemudahan dalam pengisian daya termasuk di rumah dengan daya minimal 2.200 Watt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com