Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Sebut Stargazer X Mobil Orang Kota, Tak Punya Transmisi Manual

Kompas.com - 13/08/2023, 13:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Hyundai Stargazer X ditawarkan dalam dua varian dan satu pilihan mesin dan transmisi, yaitu Smartstream G4FIII 1.5 MPI Inline 4 silinder DOHC, dengan Intelligent Variable Transmission (iVT).

Transmisi tersebut dirancang khusus supaya meningkatkan efisiensi bahan bakar dan memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan transmisi otomatis konvensional.

Dijelaskan oleh Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Bonar Pakpahan, keputusan tersebut sesuai dengan sasaran konsumen yang dituju perseroan yaitu para pengemudi di perkotaan.

Baca juga: Adu Fitur Mitsubishi XForce dan Honda HR-V, Mana yang Lebih Lengkap?

Hyundai Stargazer X di GIIAS 2023 KOMPAS.com/Claudia Hyundai Stargazer X di GIIAS 2023

"Kami tidak menyediakan transmisi manual saat ini untuk Stargazer X karena memang sasaran kami ialah para pengguna mobil di wilayah perkotaan," kata Bonar di ICE BSD, Tangerang Jumat (11/8/2023).

Sebab menurutnya, berdasarkan studi yang dilakukan secara internal segmentasi atas pasar atau pengguna mobil Hyundai didominasi oleh masyarakat perkotaan. Sehingga pengembangan yang dilakukan menyesuaikan karakteristik segmen ini.

Lagipula sekarang pengguna mobil di wilayah pedesaan sudah mulai nyaman dengan suatu kendaraan dengan pilihan transmisi otomatis karena kepraktisan operasional-nya.

"Pengguna mobil di perkotaan yang memang padat setiap hari lebih memilih transmisi otomatis dibanding manual. Bayangkan saja di Jakarta yang padat, bisa putus itu kaki kalau pakai manual," ujarnya.

Hanya saja Bonar tak dapat memastikan apakah pengembangan ke depan Stargazer X bakal punya pilihan transmisi manual atau tidak.

Baca juga: Razia Kendaraan Belum Uji Emisi Perlu Dilakukan di Jakarta

Hyundai Stargazer X di GIIAS 2023 KOMPAS.com/Claudia Hyundai Stargazer X di GIIAS 2023

Diketahui, untuk mendukung pengendaraan sehari-hari Stargazer X didukung mesin Smartstream 1.500 cc yang mampu memberikan tenaga maksimum sebesar 115 PS pada 6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm pada 4.500 rpm.

Mobil ini juga menawarkan berbagai fitur canggih lainnya seperti Cruise Control, yang membantu menjaga kestabilan laju kendaraan tanpa perlu menginjak pedal gas terus-menerus, sehingga membuat pengalaman berkendara lebih nyaman.

Stargazer X memiliki empat mode berkendara yang bisa dipilih pengguna, termasuk mode Eco untuk efisiensi bahan bakar, Normal untuk penggunaan sehari-hari, Smart untuk adaptasi otomatis, dan Sport untuk performa maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com