Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi Motor Listrik Baru Korlantas, Mirip BMW R 1200 GS

Kompas.com - 09/08/2023, 16:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai bentuk komitmen terhadap program elektrifikasi nasional, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menambah model motor listrik baru, dikhususkan untuk tugas patroli dan pengawal (Patwal).

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi menyampaikan, motor listrik tersebut sudah datang di Mabes Polda Metro Jaya, Jakarta, sejak akhir bulan Juli.

Namun, motor listrik tersebut masih belum difungsikan karena masih menunggu peresmian terlebih dahulu, yang diperkirakan pada Awal September 2023.

Terkait spesifikasi, Firman mengaku belum mengetahui secara detail, namun dirinya sempat melihat langsung wujud dari motor listrik tersebut, dan ada beberapa anggota kepolisian yang sudah mencoba.

Baca juga: Materi Ujian Praktik SIM A Masih Sama, Ini Komentar Pakar Berkendara

Moge BMW R 1200 GS milik Korlantas Polri. KOMPAS.com/FEBRI ARDANI Moge BMW R 1200 GS milik Korlantas Polri.

“Modelnya kayak BMW R 1200 GS yang kita (Polisi) juga sudah pakai buat motor patwal, tapi yang ini listrik, jadi memang unik,” ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (4/8/2023).

Berdasarkan informasi yang diperoleh, motor listrik tersebut ternyata diproduksi secara lokal oleh Hunter Motorcycles Indonesia, pabrikan asal Jimbaran, Bali.

David Broadhurst, Chief Technical Officer (CTO) Hunter Motorcycles Indonesia menjelaskan, pihak Kepolisian memang memesan motor listrik model terbaru untuk keperluat Patwal.

“Secara spesifikasi, ini (motor listrik) kategori premium dan belum pernah beredar di pasaran. Jadi memang Hunter memproduksi secara khusus, setelah berdiskusi dengan Polri,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/8/2023).

Baca juga: Sebelum Ujian Praktik SIM, Sebaiknya Ikut Latihan Mengemudi Dulu

Hunter Motorcycles Indonesia akan produksi motor listrik trail dengan baterai lokalKOMPAS.com/daafa Hunter Motorcycles Indonesia akan produksi motor listrik trail dengan baterai lokal

David menambahkan, unit motor listrik yang dipesan juga berjumlah banyak. Namun dia belum merinci seberapa besar jumlah pemesanan tersebut, serta berapa kisaran harganya.

“Ini dorongan dari pemerintah juga, karena mereka ingin program elektrifikasi berjalan, dimulai dari instansi terlebih dahulu,” ujarna.

Terkait spesifikasi lengkap, David mengaku belum bisa memberikan informasi rinci, tapi dia membagikan sedikit bocoran terkait desain teknologi yang digunakan.

“Baterainya kami (Hunter) rakit lokal, tapi menggunakan teknologi coolant pendingin dari Jerman, ditambah controller dan dinamo racikan kami, membuat daya jelajahnya jauh meningkat,” kata dia.

Baca juga: Dukung Elektrifikasi, Korlantas Polri Tambah Motor Listrik Patwal

Motor Gede (Moge) Hunter Maverick MV500 milik Polisi MiliterKompas.com/Daafa Alhaqqy Motor Gede (Moge) Hunter Maverick MV500 milik Polisi Militer

David juga membenarkan penuturan Firman terkait desain motor listrik tersebut, yang ternyata berjenis escort - tourer khusus tugas pengawalan.

Sejatinya, Hunter sudah memiliki model motor gede (moge) yang mengisi segmen tersebut, yakni Hunter Maverick MV500, yang sudah dipasarkan di Indonesia dengan kisaran harga Rp 190 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com