Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV Listrik Wuling Mirip Jimny, Sudah Terdaftar di Indonesia

Kompas.com - 06/08/2023, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - SUV listrik Wuling yang desainnya mirip dengan Suzuki Jimny bernama Baojun Yep terpantau sudah terdaftar di Indonesia, tepatnya ada di dalam Pangkalan Data Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI.

Baojun Yep telah terdaftar di Berita Resmi Desain Industri No 36/DI/2023 yang diumumkan pada 4 Agustus 2023 itu. Tertulis nama dan alamat pemohon desain tersebut adalah SAIC GM Wuling Automobile Co., Ltd yang beralamat di Guangxi, China.

Dalam data tersebut terlihat juga desain mobil mirip dengan Baojun Yep, SUV listrik mungil yang melakukan debut di Shanghai Auto Show 2023 April lalu.

Baca juga: Intip Kabin Kabin Bus Baru Juragan 99 Trans, Mirip Hotel Kapsul

Pendaftaran merek atau paten memang tidak bisa dipastikan sebagai sinyal peluncuran produk, namun hal ini jadi pintu masuk awal sebelum dipasarkan secara nasional.

Terlebih lagi, mobil listrik Wulings saat ini cukup diminati baik di negara asalnya China, maupun Indonesia, karena harganya yang sangat terjangkau dan dimensinya yang kompak.

mobil listrik Wulingdgip.go.id mobil listrik Wuling

Merujuk pada lembar spesifikasi, Baojun Yep memiliki dimensi panjang 3.381 mm, lebar 1.685 mm, dan tinggi 1.721 mm. Artinya Baojun Yep lebih pendek 214 mm dari SUV ikonik Suzuki, Jimny.

Baojun Yep hadir dengan desain mengotak dan hanya tersedia dua pintu. Meski pelek terlihat kecil, namun DNA mobil offroad cukup terlihat jelas.

Sektor lampu utama memiliki desain persegi panjang empat titik pada setiap sisinya, dipadukan dengan gril hitam polos. Tampilannya terlihat cukup gagah berkat bumper hitam di bagian depan, serta over fender hitam yang dibuat menonjol.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian dan Teknologi China Baojun Yep dibekali dengan motor listrik tunggal yang menghasilkan tenaga 67 hp dan torsi 140 Nm.

Baojun Yepcarnewschina Baojun Yep

Baca juga: Motor dan Fortuner Nyaris Tabrakan, Gara-gara Salah Masuk Gerbang Tol

Mobil ini juga dibekali varian yang lebih bertenaga dengan motor listrik ganda dan penggerak all wheel drive (AWD), sehingga lebih mumpuni untuk diajak berpetualang di segala medan.

Mengenai jangkauan, berdasarkan pengetesan CLTC, Baojun Yep mampu menempuh jarak sejauh 303 km dalam sekali isi daya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com