Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Aksi Konyol Berbahaya, Berkendara Mepet di Belakang Truk dan Bus

Kompas.com - 05/08/2023, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara yang aman sebaiknya dilakukan dengan menjaga jarak dengan kendaraan lain. Namun, belum lama ini viral di media sosial video yang memperlihatkan kendaraan lain sengaja mepet di belakang truk dan bus.

Diunggah oleh akun Instagram @lowslow.indonesia, video tersebut memperlihatkan mobil berjenis SUV berkendara sangat mepet di belakang truk dan bus.

Baca juga: Viral Video Kecelakaan Bus Sumber Selamat karena Menyalip

"Semakin meresahkan. Tujuannya biar apa ya konten begini?" tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by LOWSLOW® Official (LS) (@lowslow.indonesia)

Tidak diketahui di jalan tol mana video tersebut direkam. Tapi, yang jelas aksi tersebut sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan fatal.

Sony Susmana, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, pengemudi dalam video tersebut adalah pengemudi yang ceroboh. Tindakan yang dilakukan sangat mengganggu dan berpotensi kecelakaan yang melibatkan pihak lain.

Baca juga: Pentingnya Perawatan Harian Truk Sebelum Berangkat

"Hendaknya sebagai pengemudi menaati aturan lalu lintas dan tidak melakukan atraksi-atraksi yang tidak terpuji dan mengundang bahaya," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Video viral pengemudi mobil sengaja mepet di belakang bus dan trukDok. @lowslow.indonesia Video viral pengemudi mobil sengaja mepet di belakang bus dan truk

Sony menambahkan, tidak ada nilai baik yang bisa diberikan masyarakat terhadap pengemudi tersebut, kecuali rasa prihatin dengan psikologisnya yang mungkin terganggu.

"Selakan saja beratraksi di tempat tertentu yang tertutup supaya lebih aman dan nyaman dalam mengasah keterampilannya, karena semuanya bisa terukur," kata Sony.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kedai Info (@kedai.info)

Sony mengatakan, ruang kosong bermanuver dibutuhkan untuk berhenti mendadak. Harus ada jarak aman setidaknya dihitung dari kecepatan kendaraan melaju. Maka, dikenal istilah rumus 3 detik.

Aksi meresahkan tersebut juga tidak hanya terjadi pada pengguna mobil. Pengendara motor juga ada yang melakukan aksi serupa dan videonya viral di media sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com