Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alphard Lawas Mulai Ramai di Pasar Mobil Bekas, Ini Alasannya

Kompas.com - 05/08/2023, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah Toyota Avanza-Daihatsu Xenia lawas, kini giliran Toyota Alphard yang mendadak mengalami permintaan tinggi di pasar mobil bekas nasional.

Head of Sales & Marketing Division PT Serasi Mitra Mobil (Mobil88) Tri Bayu Januar bahkan menyatakan, penyerapan mobil mewah tersebut saat ini begitu deras. Kira-kira, hanya membutuhkan waktu kurang dari dua pekan sudah ludes terjual.

"Menurut saya, fenomena ini, didasari beberapa faktor. Pertama, sebentar lagi akan ada pameran GIIAS 2023 yang mana tentu akan ada banyak produk baru. Mungkin, mereka sudah mengincar salah satunya," kata dia kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Baca juga: Membandingkan Biaya Perawatan Mobil Transmisi Manual dan Matik

Toyota Alphard generasi baruinstagram.com/@atigaup Toyota Alphard generasi baru

"Sehingga, mobil dijual untuk kemudian mau beli mobil baru," lanjut Bayu.

Faktor kedua kendaraan mewah tersebut dipastikan akan mendapatkan versi terbaru dan siap untuk diluncurkan dalam waktu dekat. Apalagi, berdasarkan rumors Alphard juga bakal ditawarkan dengan teknologi hibrida.

"Ketika suatu mobil mendapatkan facelift, atau bahkan minor change, pastinya akan mempengaruhi pasar mobil bekas yang mana model lama pasti bakal masuk seperti Alphard ini," ucap Bayu.

"Jadi, wajar-wajar saja," tambahnya.

Baca juga: Impresi Jajal Ujian Praktik SIM C Baru, Pola Angka 8 Diganti S

Toyota Alphard terbaru dengan gril besar debut ASEAN di Bangkok Motor Show 2015.KompasOtomotif-donny apriliananda Toyota Alphard terbaru dengan gril besar debut ASEAN di Bangkok Motor Show 2015.

Faktor terakhir, kata Bayu lagi, semakin banyak anak-anak muda Indonesia yang berpenghasilan tinggi.

Sementara itu, mobil sebagai barang tersier sampai sekarang masih menjadi salah satu tanda aktualisasi diri.

"Saya tidak menampik contain creator sekarang semakin banyak. Salah satu bentuk aktualisasi diri mereka ialah dengan mobil, sehingga sedikit banyak memberi dampak terhadap Alphard second," katanya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com