Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban RFT Robek karena Potongan Besi di Tol, Ini Kata Pihak Jalan Tol Cipali

Kompas.com - 31/07/2023, 14:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang pengemudi mobil viral setelah membagikan kisah ban mobil yang dikendarainya robek di bagian samping (side wall) karena benda tumpul yang berada di tengah jalan Tol Cipali, Km 148.

Dalam unggahan akun TikTok sgsilvya, pengemudi menceritakan kejadian ban robek ini sudah dua kali. Pertama di Tol Jakarta-Tomang karena lobang, namun baru ini karena ada benda asing di tengah jalan tol saat melintas di Tol Cipali.

Baca juga: Polri Sebut Tak Ada Beda STNK Kendaraan Listrik dan Bensin

"Lagi enak2 denger lagu tb2 ada potongan besi sebesar setengah botol mineral 330ml ditengah jalan. udh ga bisa dihindari krna kl banring steer ada mobil di knan sblh kiri bahu jalan dan lg ada truk parkir. Dan ini udah ke2x nya ban aku sampe sobek begini hasil kerja keras jalan tol kita," tulis keterangan foto bergerak, dikutip Kompas.com, Minggu (30/7/2023).

Ban sobek bagian dinding samping karena kurang tekanan anginDicky Aditya Wijaya Ban sobek bagian dinding samping karena kurang tekanan angin

Beruntung sang pengemudi mengatakan memakai ban RFT sehingga walau ban kempis masih bisa dipakai jalan.

"Begitu berenti ke bahu jalan lgsg ada PJR nyamperin, krna layaknya truk yg td parkir pinggir jalan jd mungkin abis kena apes jg, jd PJR nya kebtulan lg ngurusin itu truk. Lgsg dikawal ke exit terdekat, dicariin toko ban terdekat," katanya.

Prayogi Setyo Pratomo, Traffic & Security Management Department Head, PT Lintas Marga atau Astra Tol Cipali, mengatakan mengetahui kejadian yang terjadi dan setelah cek TKP tidak menemukan potongan besi yang dimaksud.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Keeway SCR 250V, Scrambler Ringkas V-twin

"Petugas patroli Astra Tol Cipali juga turut membantu pengguna jalan terkait kasus pada 29 juli 2023 lalu," kata Prayogi kepada Kompas.com, Senin (31/7/2023).

"Petugas melakukan pengecekan menyeluruh di TKP, namun tidak menemukan benda terkait. Akhirnya mengambil tindakan lanjut untuk mengantarkan pengguna jalan menuju exit dan toko penggantian ban terdekat," ujar Prayogi.

Ban sobek di bagian sidewall tidak bisa digunakan lagiFlickr/Yarlenko Ban sobek di bagian sidewall tidak bisa digunakan lagi

Prayogi mengatakan, untuk penggantian atau klaim dapat dilakukan pada kasus ban pecah diakibatkan kondisi lalai oleh BUJT, seperti jalan berlubang dan pentalan batu dari pemotong rumput di jalan tol Cipali.

Kemudian klaim juga bisa dilalukan jika pengguna jalan terkena ALB (Automatic Lane Barrier) di Gerbang Tol Cipali (Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati, Kertajati Utama, Sumberjaya, Palimanan 1 dan Palimanan 2).

Baca juga: Syarat Dapat Servis Gratis untuk Mobil Baru di Bengkel Resmi

Adapun proses klaimnya dapat dilakukan dengan langkah berikut:
1. Melaporkan kejadian maksimal 1x24 jam melalui Call Center 0260-7600-600; Whatsapp 0811-2347600; atau kantor Astra Tol Cipali di MO Subang/MO Kertajati/Gerbang Tol Cipali (Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati, Kertajati Utama, Sumberjaya, Palimanan 1 dan Palimanan 2)

2. Pengguna jalan akan diminta mengisi form dan melengkapi persyaratan

3. Petugas Astra Tol Cipali melakukan evaluasi dan investigasi terkait dengan laporan pengguna jalan

4. Hasil evaluasi akan disampaikan melalui WhatsApp ke pengguna jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com