Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Knalpot Asap Pekat Bisa Jadi Tanda Seal Klep Mesin Aus

Kompas.com - 31/07/2023, 12:42 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seal klep merupakan komponen yang memiliki tugas sebagai pemisah dan juga pelindung yang biasanya terpasang pada bagian bushing dan dudukan klep. Berbeda dari komponen mesin yang lain, seal klep ini terbuat dari karet khusus yang tahan terhadap suhu tinggi.

Seal klep berbahan karet khusus ini, seiring waktu dan penggunaan juga dapat aus, dan tidak bisa pasti untuk menghitung masa pakai usia komponen ini.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dep.Head PT TAM, menjelaskan bahwa tidak ada acuan pasti untuk berapa lama seal klep akan bertahan.

"Untuk mengetahui kapan waktu seal klep harus ganti, kita perlu mengenal ciri-ciri seal klep yang sudah aus," ucap Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Asap Knalpot Diesel Putih, Solusinya Tidak Harus Turun Mesi

Innova diesel sedang ngebut mengelurkan asap knalpot berwarna hitam pekat seperti cumi-cumi.Tangkapan layar Innova diesel sedang ngebut mengelurkan asap knalpot berwarna hitam pekat seperti cumi-cumi.

Tanda yang paling umum terjadi adalah asap knlapot yang keluar berwarna hitam pekat, ini terjadi karena oli masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar.

Pada dasarnya seal klep yang bertugas untuk menahan oli mesin ini agar tidak masuk atau merembes masuk ke ruangbakar. Jika seal klep aus, oli masuk saat klep bergerak naik dan turun. Kemudian, oli akan terbakar sehingga asap buangan jadi lebih pekat.

Baca juga: Korlantas Lagi Uji Coba Alat Pengukur Kebisingan Knalpot Motor

Hanya hidrogen, tapi tidak ada lagi asap knalpot dari mobil baru tahun 2035
Foto: Silas Stein/dpa/picture allianceDPA/SILAS STEIN via DW INDONESIA Hanya hidrogen, tapi tidak ada lagi asap knalpot dari mobil baru tahun 2035 Foto: Silas Stein/dpa/picture alliance

Didi juga menambahkan, kondisi ini membuat volume oli akan cepat berkurang dan menjadi boros.

Untuk menghindari terjadinya seal klep rusak, disarankan untuk para pemilik mobil melakukan pengecekan rutin volume oli mesin. Meskipun berkurangnya volume oli bisa disebabkan oleh beberapa faktor, tapi perlu diwaspadai mungkin saja terjadi karena kerusakan pasa seal klep.

Jika asap buangan berwarna hitam pekat dan volume oli cepat berkurang disarankan untuk bisa ganti seal klep segera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com