Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Servis Rutin agar Garansi Mobil Baru Tidak Hangus

Kompas.com - 31/07/2023, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

CILACAP, KOMPAS.com - Setiap mobil baru memiliki masa garansi yang diberikan oleh pabrikan. Lama waktunya bisa 3 tahun, 5 tahun, 7 tahun, atau seterusnya tergantung dari kebijakan.

Garansi tentu menjadi wujud pelayanan purnajual dari pihak produsen agar pemilik mobil merasa nyaman dalam merawat sekaligus menggunakannya. Ketika terjadi kerusakan komponen-komponen tertentu maka penggantian akan ditanggung secara gratis.

Secara tidak langsung, aturan garansi dapat mengajarkan kepada konsumen agar mobil tetap awet karena pada dasarnya garansi diberikan untuk menjamin keawetan mobil.

Baca juga: Suzuki Perpanjang Masa Garansi Baterai Litium Produk Hybrid

Honda resmikan enam diler resmi terbaru di wilayah SumateraDok. Honda Honda resmikan enam diler resmi terbaru di wilayah Sumatera

Service Advisor Daihatsu Cilacap Abdul Fadhol mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar garansi mobil baru tidak hangus.

“Ketentuan secara detailnya ada di buku panduan servis, seperti wajib menggunakan pelumas yang sudah ditetapkan oleh pihak pabrik, penggunaan BBM wajib sesuai ketentuan dan seterusnya, termasuk wajib melakukan servis rutin,” ucap Fadhol kepada Kompas.com, Minggu (30/7/2023).

Fadhol mengatakan, servis rutin bertujuan untuk menjaga performa mobil agar selalu bagus dengan melakukan pemeriksaan secara intensif.

Baca juga: Konsumen Perlu Tahu, Beli Ban Motor Baru Ada Garansi 3 Tahun

All New Daihatsu AylaKompas.com/Nanda All New Daihatsu Ayla

Dengan servis rutin, segala bentuk kerusakan akan terdeteksi lebih dini sehingga bisa segera diperbaiki untuk menghindari dampak lebih buruk.

“Meski servis rutin dilakukan terlambat karena alasan tertentu, dalam artian kupon gratis servis hangus, konsumen hanya perlu membayar biaya servis sesuai dengan tagihan tanpa kehilangan hak garansi mobil,” ucap Fadhol.

Justru yang menjadi masalah adalah ketika servis rutin tidak dilakukan sama sekali maka garansi mobil akan bermasalah menurut Fadhol.

Baca juga: Piaggio Indonesia Tidak Berikan Garansi pada Vespa Matik yang Dikonversi ke Listrik

“Dengan mengikuti aturan garansi, maka konsumen akan paham cara merawat mobil agar awet seperti apa, itu bisa dibiasakan meski masa garansi telah berakhir,” ucap Fadhol.

Selain servis rutin, ada syarat-syarat lainnya yang bisa membuat garansi mobil hangus. Konsumen bisa membaca secara mandiri apa saja itu sehingga kedepan mobil bisa menjadi lebih awet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com