Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Perpanjangan SIM Digugat ke MK, Ini Penjelasan Polri | Curiga Oli Pertamina dan Shell yang Lebih Murah Rp 10.000

Kompas.com - 28/07/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini advokat Arifin Purwanto menggugat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Arifin ingin Surat Izin Mengemudi (SIM) berlaku seumur hidup. Adapun pasal yang diuji adalah Pasal 85 ayat 2 UU LLAJ yang menyatakan:

"Surat Izin Mengemudi berlaku selama 5 tahun dan dapat diperpanjang."

Dalam sidang kelima di MK untuk perkara Nomor 42/PUU-XXI/2023, Kasespim Lemdiklat Polri Irjen Chryshnanda Dwilaksana yang mewakili Polri mengatakan, tidak ada perdebatan mengenai masa berlaku SIM.

Selain itu, pelumas atau oli merupakan cairan penting untuk mesin kendaraan. Saat ini makin marak peredaran oli palsu, namun sayangnya secara fisik konsumen juga sulit untuk membedakan oli asli dan oli palsu.

Apin, pemilik toko Pelita Oil di sentra mobil Blok M, Jakarta Selatan, mengatakan, cara paling mudah dan bisa diandalkan untuk mencurigai bahwa itu oli palsu ialah dari harga. Jika harganya jauh lebih murah dari harga standar.

Baca juga: Grup Astra Memastikan Rencana Akuisisi OLX

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 27 Juli 2023

1. Perpanjangan SIM Digugat ke MK, Ini Penjelasan Polri

Dalam sidang kelima di MK untuk perkara Nomor 42/PUU-XXI/2023 , Kasespim Lemdiklat Polri Irjen Chryshnanda Dwilaksana, yang mewakili Polri mengatakan tidak ada perdebatan mengenai masa berlaku SIM.Foto: Tangkapan layar Dalam sidang kelima di MK untuk perkara Nomor 42/PUU-XXI/2023 , Kasespim Lemdiklat Polri Irjen Chryshnanda Dwilaksana, yang mewakili Polri mengatakan tidak ada perdebatan mengenai masa berlaku SIM.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, Road Safety Policing, Chryshnanda menekankan evaluasi kompetensi melalui perpanjangan SIM diperlukan untuk menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan.

Perpanjangan SIM memastikan pemegang SIM masih memiliki kompetensi dan memiliki kesehatan untuk mengemudikan kendaraan bermotor dalam rangka mencegah dan mengurangi tingkat fatal korban kecelakaan.

Baca juga: Perpanjangan SIM Digugat ke MK, Ini Penjelasan Polri

2. Curiga Oli Pertamina dan Shell yang Lebih Murah Rp 10.000

Contoh oli yang dijual oleh PT Shell IndonesiaAditya Maulana, KompasOtomotif Contoh oli yang dijual oleh PT Shell Indonesia

"Paling gampang itu harga. Harga dulu. Kalau misalnya selisihnya Rp 5.000 itu masih masuk logika, tapi kalau selisihnya sudah lebih dari Rp 10.000 coba deh dipikir lagi," kata Apin yang ditemui Kompas.com di Jakarta, Rabu (27/7/2023). 

"Apalagi untuk oli-oli umum ya, seperti oli-oli Pertamina, kemudian Shell. Mana mungkin sih toko satu dengan toko yang lainnya selisih harganya bisa Rp 10.000 per liter. Jadi di situ saja sih," kata Apin.

Baca juga: Curiga Oli Pertamina dan Shell yang Lebih Murah Rp 10.000

3. Video Viral Sopir Rush Sigap Menghindari Truk Gagal Menanjak

Sopir Toyota Rush/Terios warna putih dan Avanza warna hitam yang langsung gerak cepat menghindar agar tidak tergilas truk yang hilang kendali.Foto: Tangkapan layar Sopir Toyota Rush/Terios warna putih dan Avanza warna hitam yang langsung gerak cepat menghindar agar tidak tergilas truk yang hilang kendali.

Video viral di media sosial memperlihatkan keretampilan sopir truk ketika gagal melalui jalan menanjak di wilayah Semarang, Jawa Tengah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com