Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Tetap Harus Servis Berkala

Kompas.com - 27/07/2023, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selayaknya kendaraan pada umumnya,sepeda motor listrik juga membutuhkan servis rutin dan berkala supaya performanya selalu terjaga.

Hal ini mungkin belum diketahui oleh sebagian pengguna. Menimbang motor listrik tidak memerlukan cairan khusus seperti oli pelumas, servis rutin seperti apa yang harus dilakukan?

Muhammad Dipokartono, pemilik bengkel spesialis motor listrik Orang Senang Garage menjelaskan, ada beberapa komponen yang membutuhkan perhatian khusus secara berkala.

“Yang harus dapat servis rutin itu 3 komponen, soket-soket perkabelan, laher dinamo, serta sistem pengereman,” ujarnya kepada Kompas.com di Bintaro, Rabu (26/7/2023).

Baca juga: Mazda Klaim Produknya Bisa Minum Pertamax Green

Proses pembersihan soket kabel motor listrik, bisa mencegah korsletingKompas.com/Daafa Alhaqqy Proses pembersihan soket kabel motor listrik, bisa mencegah korsleting

Soket kabel bisa dijumpai di kompartemen bagasi dekat baterai dan MCB. Perawatannya mudah, cukup dilepas dan dibersihkan menggunakan cairan WD-40, kemudian dilap.

Hal itu dilakukan untuk menghindari karat korosi yang mungkin terjadi, akibat kelembapan atau ada cairan yang masuk.

“Baiknya sih tiap dua bulan sekali, tapi tergantung cuaca juga. Kalau motor listrik sering kehujanan, bisa diperiksa lebih rutin,” ucap pria yang akrab disapa Divo Gimbal itu.

Perawatan serupa juga diterapkan di area laher alias poros dinamo. Pada penggerak jenis hub-drive, komponen ini sebaiknya dibersihkan secara rutin, untuk mencegah kotoran menumpuk.

Baca juga: Keunggulan Motor Listrik Hasil Konversi Dibandingkan Pabrikan

Penggerak motor listrik Viar berjenis Hub-drive dan sudah diproduksi lokalKOMPAS.com/daafa Penggerak motor listrik Viar berjenis Hub-drive dan sudah diproduksi lokal

Prosesnya juga sama, bisa dibersihkan terlebih dahulu dengan cairan WD-40 dan dikeringkan. Proses ini juga akan mencegah terjadinya bearing macet.

Untuk tahap terakhir, yakni pemeriksaan rem, prosesnya mudah dan serupa dengan motor konvensional.

“Kalau buat pemeriksaan rem, baiknya dibawa ke bengkel saja. Tidak harus spesialis motor listrik, karena cuma pemeriksaan kampas rem saja,” ucap Divo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com