Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Penipuan, Link Palsu Astra Financial Jual Mobil Bekas Murah

Kompas.com - 26/07/2023, 19:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pembiayaan Astra Financial mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penipuan link yang disebarluaskan melalui aplikasi pesan singkat mengatasnamakan Astra Financial.

Direktur Astra Financial Handoko Liem mengatakan, belum lama ini muncul link yang mengarahkan ke halaman palsu atas nama Astra Financial yang menawarkan kendaraan bekas dengan harga murah.

Baca juga: MInat Beli Mazda CX-60, Ada Inden 1 Bulan

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap berbagai penipuan berupa pengiriman link yang memberikan penawaran promo pembelian kendaraan yang mengatasnamakan Astra Financial," kata Handoko dalam keterangan resmi, Rabu (26/7/2023).

Astra Financial memberikan pelayanan terbaiknya bagi seluruh customer dengan ramah sepanjang GIIAS 2022.dok Astra Financial Astra Financial memberikan pelayanan terbaiknya bagi seluruh customer dengan ramah sepanjang GIIAS 2022.

Handoko mengatakan, Astra Financial tidak memiliki dan menawarkan produk ataupun promo seperti itu. Seluruh produk dan promo hanya dihadirkan oleh layanan dari Unit Bisnis Astra Financial.

Unit bisnis tersebut yaitu FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, Komatsu Astra Finance (KAF), Surya Artha Nusantara Finance (SANF), Astra Venture, Bank Jasa Jakarta, Moxa, SEVA, Maucash, AstraPay, dan Dana Pensiun Astra.

"Penipuan dengan modus ini sering kali menjanjikan harga murah yang menggiurkan, namun sebenarnya bertujuan untuk merugikan korban secara finansial dan melanggar privasi, karena penipu terlebih dahulu meminta korban untuk mentransfer sejumlah uang," katanya.

Handoko mengatakan, oknum melakukan berbagai modus agar korban terjerat penipuan, salah satunya dengan menawarkan promo pembelian mobil tarikan leasing dengan harga murah di bawah pasar.

Baca juga: Ini Pelanggaran Terbanyak Selama Operasi Patuh Jaya 2023

Diler Mobil Bekas di MGK KemayoranKompas.com/ Janlika Putri Diler Mobil Bekas di MGK Kemayoran

Agar korban percaya, oknum menggunakan logo Astra Financial pada link palsu berupa formulir pendaftaran palsu yang meminta korban untuk mengisi data diri yang bersifat pribadi, seperti alamat, nomor telepon, dan foto KTP.

Setelah itu, oknum akan mengarahkan korban untuk melakukan pembayaran kepada oknum melalui uang elektronik Grup Astra Financial, yaitu Astrapay.

Apabila menerima penipuan link palsu dengan modus seperti di atas, Astra Financial
memberikan tips sebagai berikut:

1. Jangan mudah percaya dan langsung mengklik link tersebut. Astra Financial hanya mendistribusikan informasi resmi terkait perusahaan melalui website resmi, yaitu astrafinancial.co.id.

2. Jangan berikan data yang bersifat pribadi, seperti nomor telepon, alamat, KTP, dan email. Astra Financial tidak pernah meminta data pribadi, seperti nomor rekening dan kata sandi, melalui SMS, telepon, atau email.

3. Apabila merasa dirugikan, segera laporkan kepada pihak berwajib untuk menindaklanjuti kasus penipuan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com