Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Merek Mobil yang Mengeklaim Aman Pakai Pertamax Green 95

Kompas.com - 26/07/2023, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamax Green 95 yang merupakan campuran antara Pertamax dan etanol resmi dipasarkan. Beberapa pabrikan juga sudah mengeklaim mobil buatannya aman untuk mengonsumsi jenis bahan bakar minyak (BBM) tersebut.

Untuk diketahui, Pertamax Green 95 merupakan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru hasil pencampuran Pertamax dengan Bioetanol sebesar 5 persen atau biasa disebut E5. Dengan usia yang masih baru, tak jarang ada konsumen yang ragu untuk menggunakannya.

Baca juga: Ini Alasan Konsumen Menjajal BBM Baru Pertamax Green 95

Untuk meyakinkan konsumennya, beberapa merek pabrikan mobil sudah mengeklaim bahwa model-model yang dipasarkan di Indonesia aman jika mengonsumsi Pertamax Green 95, seperti Honda, Toyota, Daihatsu, Suzuki, dan Mitsubishi.

Honda Brio RS faceliftKompas.com/Adityo Honda Brio RS facelift

Honda
Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan, kalau dengan kondisi E5, saat ini mobil Honda di Indonesia sudah compatible dan tidak ada masalah.

"Kalau secara global, di luar Indonesia, sudah ada beberapa negara menggunakan bioetanol di atas lima persen untuk beberapa model Honda," ujar Billy, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Test drive Kijang Innova Zenix HybridKOMPAS.com/Adityo Test drive Kijang Innova Zenix Hybrid

Toyota
Direktur Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam menyebut bahwa, seluruh produk kendaraan roda empat atau lebih Toyota sudah aman menggunakan bahan bakar jenis bioetanol.

"Secara global, E5 itu bisa. Tidak ada (penyesuaian), tapi kan ini melibatkan dua aspek, engine dan bahan bakar. Kalau engine tidak ada masalah, namun bahan bakarnya gimana?" kata dia di Karawang, Jawa Barat, Selasa (13/6/2023).

Usai meluncur perdana pada Kamis (15/6/2023), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)  melanjutkan peluncuran New Suzuki XL7 Hybrid di 33 kota lain di seluruh Indonesia. Foto: Suzuki/banggawan Usai meluncur perdana pada Kamis (15/6/2023), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melanjutkan peluncuran New Suzuki XL7 Hybrid di 33 kota lain di seluruh Indonesia.

Suzuki
Hariadi, Assistant to Service Department Head PT Suzuki Indomobil Sales, memastikan semua mobil Suzuki bisa mengonsumsi Bioetanol.

“Model yang sekarang diproduksi di indonesia. Sudah tercetak di buku service kita juga. Tinggal spek bioetanol yang akan dikeluarkan oleh pemerintah seperti apa. Terutama kadar etanolnya berapa persen,” ujar Hariadi, kepada Kompas.com (12/6/2023).

Daihatsu All New XeniaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Daihatsu All New Xenia

Daihatsu
"Sesuai dengan yang pernah disampaikan ibu Agung, untuk mobil Daihatsu sendiri saat ini sudah kompatibel dengan spek E5 hingga E10," ujar Sri Agung Handayani, Director Corporate Planning & Communication PT Astra Daihatsu Motor (ADM), kepada Kompas.com, Selasa (25/7/2023).

Mitsubishi Xpander Cross dengan fitur AYCKOMPAS.com/STANLY RAVEL Mitsubishi Xpander Cross dengan fitur AYC

Mitsubishi
Mitsubishi juga mengeklaim model yang dipasarkannya aman untuk menggunakan Pertamax Green 95. Khususnya, untuk kedua SUV andalannya, yakni Xpander dan Xpander Cross.

"Masih aman, kendaraan Xpander dan Xpander Cross masih bisa mempergunakan bioetanol dengan maksimal pencampuran sampai 10 persen ethanol tanpa penyesuaian mesin," ujar General Manager of Marketing Communication & PR Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) Intan Vidiasari, kepada Kompas.com, Selasa (25/7/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com