Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Resmi Pasarkan Pertamax Green 95, Harga Rp 13.500 Per Liter

Kompas.com - 24/07/2023, 18:55 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Patra Niaga, resmi mengenalkan Pertamax Green 95 sebagai pilihan bahan bakar bensin baru yang dijual sebesar 13.500 per liter.

Pertamina Green 95 diklaim merupakan bahan bakar yang memiliki kualitas terbaik dengan bauran energi terbarukan sebagai bahan bakar nabati (biofuel).

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, Pertamax Green 95 adalah wujud implementasi dari komitmen Pertamina mendukung strategi nasional Indonesia dengan target bauran energi terbarukan sebesar 31 persen di tahun 2050 serta mendukung tercapainya Net Zero Emission Indonesia pada 2060.

"Bahan bakar nabati atau biofuel merupakan salah satu pilar utama dalam Program Transisi Energi Pertamina dan Program Pertamina Net Zero Strategy. Pertamax Green 95 menjadi milestone Pertamina dalam pengembangan serta penyediaan biofuel untuk jenis gasoline, tanpa mengesampingkan kualitas terbaik bagi masyarakat," kata Nicke dalam keterangan resminya, Senin (24/7/2023).

Baca juga: Mana Lebih Bertenaga, XL7 Hybrid atau Terios Facelift?

Dijelaskan, bauran energi pada Pertamax Green 95 bersumber dari molases tebu. Setelah itu diolah jadi etanol dengan kandungan 5 persen dan di blending sebagai bagian dari BBM yang kemudian disalurkan ke kendaraan.

Pertamax Green 95 Dijual Rp 13.500 per literKOMPAS.com/STANLY RAVEL Pertamax Green 95 Dijual Rp 13.500 per liter

Untuk saat ini, Pertamina Patra Niaga, memproyeksikan demand Pertamax Green 95 di Pulau Jawa bisa mencapai lebih dari 90.000 Kilo Liter (KL) per tahun, dan kebutuhan etanol untuk proyeksi ini adalah sebesar 4.800 hingga 5.000 KL per tahunnya.

"Untuk memenuhi proyeksi demand, saat ini Pertamina Patra Niaga bekerja sama dengan PT Energi Agro Nusantara atau Enero, anak usaha dari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X untuk menyuplai etanol yang digunakan sebagai bahan untuk blending Pertamax Green 95," kata Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan.

Baca juga: Beredar Pertalite Palsu, Pertamina Imbau Beli BBM di SPBU

Riva menjelaskan, Pertamax Green 95 sudah memiliki izin niaga dan mulai dijual di 10 SPBU di Surabaya serta 5 SPBU di wilayah Jakarta. Nantinya, pengembangan bertahap akan dilakukan kembali setelah melihat tren dari tingkat konsumsinya

Pertamax Green 95 Dijual Rp 13.500 per literDiaz Pertamax Green 95 Dijual Rp 13.500 per liter

"Berbicara tentang kualitasnya, Pertamax Green 95 juga memposisikan dirinya sebagai BBM dengan kualitas terbaik yakni dengan angka RON 95, dan kami pastikan speknya sesuai dengan standar serta bersaing dengan produk RON 95 lainnya," kata Riva.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com