Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Kaca Film Mobil Juga Ada Masa Usia Pakai

Kompas.com - 24/07/2023, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap mobil, kaca jendelanya dilengkapi dengan kaca film. Namun, tak jarang ada orang yang tidak mengetahui bahwa aksesori tersebut juga ada usia pakainya.

Kaca film pada mobil memiliki fungsi yang cukup penting. Salah satu yang terpenting adalah menolak sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Sehingga, temperatur kabin tidak terlalu panas.

Baca juga: Kaca Film Gelap Tidak Menjamin Kabin Mobil Lebih Sejuk

Mukhlis, dari Bengkel Rina Jaya Film, spesialis kaca film mobil dan gedung, mengatakan, aksesori tersebut memang ada masanya. Idealnya, kaca film diganti setiap lima tahun.

Pemasangan kaca film Kabuki Auto Shop Kabuki Auto Shop Pemasangan kaca film Kabuki Auto Shop

"Walaupun memang ada kaca film yang tahan lamanya bisa sampai tujuh tahun. Tapi, idealnya itu lima tahun, biasanya sudah mulai ada scratch atau korosi," ujar Mukhlis, kepada Kompas.com, saat ditemui di bengkelnya yang berada di Pasar Segar Cinere, Depok, belum lama ini.

Mukhlis menambahkan, kecuali untuk kaca film yang murah. Menurutnya, kaca film yang murah terkadang tidak sampai dua tahun sudah rusak. Sebab, bahan dan teknologi pembuatannya berbeda dari kaca film yang mahal.

Baca juga: Bagaimana Cara Merawat Kaca Film Mobil?

Christopher Sebastian, Founder & CEO dari Makko Group, mengatakan, ada dua poin yang bisa dijadikan acuan dalam mengganti kaca film.

Kaca Film Masterpiece dari Jepang dengan harga yang terjangkau.Aditya Maulana, KompasOtomotif Kaca Film Masterpiece dari Jepang dengan harga yang terjangkau.

"Pertama, usia kaca filmnya sudah lebih dari lima tahun. Meskipun, ada kaca film yang bergaransi lebih dari lima tahun. Tapi, kalau sudah lebih dari kima tahun, pasti penurunan kualitasnya akan cukup terasa," kata Christopher.

Kedua, Christopher menambahkan, saat membeli mobil bekas. Sebab, kita tidak tahu usia kaca filmnya sudah berapa lama. Untuk itu, tidak ada salahnya juga untuk diganti dengan yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com