Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Cedera, Alex Rins Absen di MotoGP Inggris 2023

Kompas.com - 20/07/2023, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses penyembuhan Alex Rins ternyata berjalan lebih lama dari yang diharapkan. Dia pun terpaksa harus absen lagi pada seri berikutnya, yakni MotoGP Inggris 2023 di Sirkuit Silverstone.

Rins yang mengalami patah tulang pada kaki saat sprint race pada MotoGP Italia 2023 di Sirkuit Mugello sudah absen pada balapan di hari Minggu seri tersebut. Kemudian, dia juga absen pada dua seri selanjutnya, yakni MotoGP Jerman 2023 dan MotoGP Belanda 2023.

Baca juga: Alex Rins Mau Pindah dari Honda, Siapa yang Bakal Menggantikan?

"Alex Rins tidak akan berkompetisi di Silverstone. Penyembuhannya menunjukkan perkembangan yang bagus, tapi saya tidak tahu kapan Rins bisa balapan kembali," ujar pemilik tim LCR Honda Lucio Cecchinello, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (20/7/2023).

Alex Rins saat berlaga pada MotoGP Italia 2023Dok. @alexrins Alex Rins saat berlaga pada MotoGP Italia 2023

Secepat-cepatnya penentuan keputusan Rins bisa kembali adalah pada pekan pertama bulan Agustus. Jika kondisinya sudah cukup sehat, maka Rins bisa balapan pada MotoGP Austria.

"Jika Alex bisa menahan beban pada kakinya yang patah lagi untuk pertama kalinya. Dia kemudian akan diizinkan untuk mengambil langkah pertamanya untuk pertama kalinya sejak kecelakaan itu," kata Cecchinello.

Baca juga: Carlo Pernat Yakin Tahun Depan Alex Rins Pindah ke Yamaha

"Jika dia merasa baik, dia akan kembali ke Spielberg pada tanggal 20 Agustus atau di Barcelona pada tanggal 3 September. Kami belum tahu itu," ujarnya.

Alex Rins di MotoGP AmerikaTWITTER/RINS42 Alex Rins di MotoGP Amerika

Sebelum absen panjang, Rins berhasil naik ke peringkat ketiga pada klasemen sementara MotoGP 2023. Sayangnya, dia sekarang merosot ke peringkat ke-13.

Valentino Rossi pernah mengalami cedera yang serupa dengan Rins. Rossi kecelakaan saat sesi latihan di Sirkuit Mugello pada MotoGP Italia 2010.

Rossi baru kembali balapan enam pekan kemudian untuk balapan pada MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring dan finis di posisi keempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com