Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Bergelimpangan karena Tumpahan Minyak di Jalan Juanda, Depok

Kompas.com - 17/07/2023, 13:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com – Tumpahan minyak yang tercecer di jalan dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Pengendara perlu mengetahui cara aman berkendara saat melewati tumpahan minyak.

Seperti yang dialami beberapa pengendara sepeda motor, dalam video yang diunggah Instagram @infodepok_id (16/7/2023).

Terlihat sejumlah pengendara yang berboncengan jatuh di Jalan Juanda, Depok, sebelum Mal Pesona Square, khususnya bagi mereka yang berjalan dari arah Cisalak menuju Margonda.

Baca juga: Hajatan di Kalimalang Pakai Jalan Umum, Bikin Macet Panjang

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Info Depok (@infodepok_id)

 

Tak sedikit para pengendara yang meminta penumpangnya untuk berjalan sejenak sampai melewati area tumpahan minyak. Sementara itu, terlihat juga mereka yang terjatuh tampak beristirahat di trotoar.

Kanit Laka Lantas Polres Metro Depok AKP Murtoni, mengatakan, insiden tersebut terjadi di Jalan Juanda, Depok, Jawa Barat pada Minggu (16/7/2023) sore.

Menurutnya, petugas langsung menaburkan pasir di lokasi jalanan yang terkena tumpahan minyak, sesaat setelah kejadian. Saat ini Jalan Juanda sudah bisa dilewati para pengendara dengan aman.

Baca juga: Mick Doohan Sebut Honda Sudah Tidak Cocok dengan Marquez

“Sudah aman, tadi pagi saya lewat di lokasi tersebut sudah enggak ada kendala,” ujar Murtoni, kepada Kompas.com, Senin (17/7/2023).

Sementara itu, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, kondisi tumpahan minyak di jalan memang sulit untuk ditebak. Meski begitu, pengendara harus mengetahui potensi bahaya berkendara di permukaan jalan yang licin.

Pertama, Agus mengimbau pengemudi untuk tetap tenang dan jangan panik saat melewati jalan licin, agar dapat mengoperasikan kendaraan dengan baik.

Baca juga: Rumus Hitungan Ganti Oli Gardan dengan Oli Mesin

Minyak goreng tumpah di Jalan Fatmawati Raya, tepat di depan Pasar Cipete, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/5/2022) sekitar pukul 15.00 WIB. Saat ini tumpahan minyak goreng itu telah ditangani.KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi Minyak goreng tumpah di Jalan Fatmawati Raya, tepat di depan Pasar Cipete, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/5/2022) sekitar pukul 15.00 WIB. Saat ini tumpahan minyak goreng itu telah ditangani.

“Jadi untuk mengantisipasi agar tidak terjadi seperti kejadian tersebut, maka pengendara dalam mengoperasikan motornya, yaitu pandangan matanya harus selalu melihat jauh ke depan,” kata Agus, kepada Kompas.com (17/7/2023).

Kemudian, pengendara harus tetap mempertahankan keseimbangan membawa motor saat melewati kondisi jalan yang licin.

Penting juga untuk tidak tiba-tiba menarik rem depan secara kuat, karena akan menyebabkan ban depan tergelincir.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Baru Tahun 1984, Suzuki Jimny Cuma Rp 7 Juta

Ilustrasi berkendara saat hujan.motorcyclenews.com Ilustrasi berkendara saat hujan.

Jadi, usahakan gunakan kedua rem namun porsi rem belakang lebih kuat. Lalu, jangan lakukan gerakan reaktif dan kurangi laju motor dengan menutup putaran gas secara perlahan-lahan.

“Pahami ada potensi bahaya tidak langsung saat kita berkendara. Nah bahaya tersebut bisa seperti jalan rusak atau kendaraan lain dan pengguna jalan lainnya,” ucap Agus.

“Saat pandangan mata kita melihat jauh ke depan, maka kita bisa siap dalam mengantisipasi setiap potensi bahaya yang ada di depan jalan kita,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com