Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Dikenal, Toyota Terus Promosikan Merek Gazoo Racing

Kompas.com - 17/07/2023, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Gazoo Racing (GR) mulai dikenal masyarakat luas, tidak hanya penggemar Toyota. Meski demikian, PT Toyota Astra Motor (TAM) terus mensosialisasikan merek tersebut.

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, merek Gazoo Racing sudah berjalan sejak 2019. Menurutnya, dulu orang mungkin masih bingung mengapa Toyota meluncurkan merek ini dan lebih serius.

Baca juga: Toyota Gazoo Racing GT Cup 2023 Digelar, Tiket ke Tahap Internasional

Untuk diketahui, kehadiran Gazoo Racing untuk menggantikan nama Toyota Racing Development (TRD).

Yaris Gazoo Racing, Master of Nurburgring (GRMN)carscoops.com Yaris Gazoo Racing, Master of Nurburgring (GRMN)

"Tahun ini, tahun yang strukturnya sudah lebih jelas, apa yang dimaksud dengan merek Gazoo Racing. Sebab, kalau di Toyota, kan ada logo Toyota yang hanya tulisan, itu artinya corporate," ujar Anton, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

"Lalu, ada juga yang bulatan dua itu dan ada logo Lexus. Sekarang ada logo GR, stratanya itu kalau secara corporate itu sama dengan logo Lexus dan logo Toyota," kata Anton.

Baca juga: Debut Toyota Gazoo Racing Indonesia di Ajang Balap GT Asia 2023

Anton menambahkan, untuk itu Toyota harus mempromosikan merek GR. Sebab, ini adalah merek baru yang sifatnya merek motorsport.

Toyota GR Yaris Concept yang dipamerkan pada Tokyo Auto Salon 2023Dok. Toyota Toyota GR Yaris Concept yang dipamerkan pada Tokyo Auto Salon 2023

"Untuk menerjemahkan merek motorsport itu berarti ada tiga hal, di luar dari balap motorsport itu sendiri. Satu, pastinya produk, karena kita walau bagaimana pun kan jualan mobil," ujarnya.

"Bedanya produk TRD dengan produk GR, produk GR itu lengkap. Apalagi, GR yang pure juga lengkap, mulai GR Supra, kemudian ada GR Yaris, lalu GR 86, dan ke depannya nanti akan ada lagi," kata Anton.

Toyota Agya GR SportKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota Agya GR Sport

Anton mengatakan, di tengah-tengahnya terdapat GR-S (GR Sport). Kemudian, di bawahnya ada GR Aeroparts, di mana hanya untuk aero kit. Untuk GR-S, berarti ada peningkatan dari sisi performa, baik itu suspensi, engine tuning, dan lain-lain.

"Termasuk, di situ ada Hilux GR-S, ada Corolla Cross, sekarang ada Agya juga. Untuk GR Aeroparts, termasuk yang Yaris Cross, yang baru kita luncurkan," ujar Anton.

"Jadi, produk sekarang sudah lebih lengkap. Bedanya dengan TRD, dulu itu rata-rata hanya pasang body kit saja, aksesori. Kalau ini (GR), lebih banyak ke performa," kata Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com