Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Mega Mas Luncurkan Bus Suites Combi Rakitan Laksana

Kompas.com - 14/07/2023, 14:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Inovasi desain kabin bus model suites combi kini makin banyak dilakukan oleh layanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP). 

Misalnya seperti perusahaan otobus (PO) Mega Mas yang baru saja meluncurkan bus anyar dengan layanan suites combi rakitan Karoseri Laksana. Nantinya bus tersebut akan digunakan oleh PO Mega Mas dalam melayani trayek bus Makassar – Sorowako.

Suites combi sendiri merupakan bus dengan dua pilihan atau kelas kursi penumpang yang berbeda dalam satu kabin.

Pada bagian depan sampai ke tengah merupakan kursi penumpang untuk kelas eksekutif. Sementara itu, pada area tengah hingga kabin belakang dipasang bangku sleeper.

Baca juga: Rumors Motor Listrik TVS Creon Segera Meluncur

Pada kabin bus Mega Mas sendiri terbagi menjadi tiga bagian, area paling depan ialah ruang khusus kru bus yang dipisahkan oleh sekat berupa jendela dan pintu kaca.

Alhasil area kursi penumpang dan kru bus jadi terpisah satu sama lain dengan sekat tersebut. Kemudian, di balik sekat itu merupakan kursi kelas eksekutif model sofa leg rest ukuran besar. Pada area tersebut terdiri dari 12 kursi penumpang dengan konfigurasi 2-1.

Sementara itu, di ruangan belakangnya merupakan kelas sleeper yang terdiri dari 15 bangku penumpang. Kursi model rebahan itu terdiri dari dua dek dengan konfigurasi 2-1.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)


Uniknya, bus ini tampak sederhana kendati bus tersebut menawarkan layanan suite combi yang identik punya fasilitas pelengkap yang mewah dan canggih. Pada kabin bus tidak menggunakan hiburan entertainment TV atau layar AVOD seperti kebanyakan bus suite combi. Namun, pada kursi kelas sleeper tetap dilengkapi USB port dan cup holder.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Sering Memindahkan Tuas Matik Bisa Bikin Rusak Transmisi?

Adapun untuk eksterior, bus menggunakan balutan bodi Legacy SR3 Suites Combi yang ditopang oleh sasis Mercedes Benz. Kemudian pada fasia depan bus menggunakan model kaca double glass.

Secara keseluruhan, eksterior bus masih mempertahankan DNA dari PO Mega Mas, yakni menggunakan kelir kuning dengan aksen kombinasi garis hijau, merah dan abu-abu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com