Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mana Lebih Nyaman, Honda Brio RS atau Toyota Agya GR Sport?

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Agya GR Sport mendapatkan lawan yang sekelas dengan hadirnya Honda Brio RS facelift. Tak sedikit yang penasaran dengan kenyamanan yang ditawarkan kedua mobil perkotaan ini.

Honda memberikan penyegaran pada Brio RS di beberapa bagian, seperti eksterior, interior, dan penambahan fitur. Tapi, bagian lainnya, seperti jok hingga suspensinya, masih dibiarkan sama seperti model sebelumnya.

Untuk posisi berkendara, Brio RS menawarkan posisi yang cukup ergonomis. Tombol-tombol yang ada di head unit atau dasbor mudah dijangkau.

Namun, sedikit catatan untuk baris kedua. Posisi sandaran punggung atau backrest dirasa sedikit terlalu tegak. Sehingga, bisa mengurangi kenyamanan saat perjalanan jarak jauh.

Terkait suspensi, Brio RS facelift masih sama seperti model sebelumnya. Karakter suspensinya tidak berubah, masih terasa sedikit kaku atau keras saat melewati permukaan jalan yang tidak rata dengan kecepatan rendah. Tapi, mobil jadi lebih stabil saat melaju di jalan tol.

Untuk Agya GR Sport, perubahannya cukup signifikan dari model sebelumnya. Posisi berkendara yang ditawarkan juga cukup ergonomis dengan jok yang sekarang dirasa lebih empuk.

Apalagi, Toyota kali ini mencoba menerapkan konsep driver oriented. Tombol-tombol yang tersedia di dasbor dirancang untuk memudahkan pengendara.

Toyota juga memberikan tambahan setelan pada bagian kaki-kaki dengan mengaplikasikan shock absorber serta coil spring yang lebih rigid. Suspensi memang dirasa sedikit kaku dan bantingan Agya GR Sport sedikit keras. Tapi, kondisi tersebut masih bisa ditoleransi berkat handling yang optimal.

Honda Brio RS dan Toyota Agya GR Sport memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meski demikian, keduanya sama-sama bisa memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan saat digunakan untuk harian.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/14/100200215/mana-lebih-nyaman-honda-brio-rs-atau-toyota-agya-gr-sport-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke