Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karoseri New Armada Merilis Bodi Sleeper Bus Perdana

Kompas.com - 10/07/2023, 08:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri New Armada akhirnya resmi merilis bodi sleeper bus atau bus dengan kursi penumpang model rebahan. 

Sebelumnya, karoseri asal Magelang, Jawa Tengah itu memang telah membocorkan akan meluncurkan prodak terbaru untuk bodi model sleeper bus untuk pertama kalinya.

Bahkan, di media sosial ramai untuk menebak-nebak siapa nantinya perusahaan otobus (PO) yang akan menggunakan bodi bus tersebut secara perdana. 

Kehadiran bodi bus selonjoran dari Karoseri New Armada tersebut tentunya menambah ramai pilihan sleeper bus di Indonesia.

Bodi bus terbaru tersebut diberi nama Skylander R22 Aero 9 SLR 0-Gravity Series. Secara desain, bodi bus tersebut mengadopsi desain sleeper bus.

Pada bodi  terbaru New Armada tersebut menggunakan sejumlah teknologi modern dan canggih sehingga mirip hotel. 

Baca juga: Modifikasi Mesin Motor Standar jadi 2 Silinder, Servisnya Bagaimana?

PO Bintang Zahira Trans menjadi yang pertama menggunakan bodi sleeper bus tersebut. Bus milik PO yang berbasis di Makassar itu berjumlah dua unit dengan kelir yang berbeda, satu hijau dan satu lagi biru. 

 

Baca juga: Ubah Mesin Standar Jadi 2 Silinder, Segini Biayanya

Kedua bus ditopang oleh sasis bus dari Mercedes Benz 0500 RS 1836. Berbeda dengan bodi Skylander R22 sebelumnya, pada varian sleeper bus ini dibekali dengan layar belakang atau videotron. 

Kemudian, bus tidak menggunakan kaca spion kanan dan kiri.  Bus manfaatkan teknologi kamera untuk pengganti kaca spion. Alhasil, tampilan ekterior bus tampak lebih bersih tanpa menggunakan spion. 

Sementara itu, pada bagian kabin bus terdiri dari kursi slepeer bus yang dirancang seperti kapsul hotel. Kursi penumpang memiliki dua dek dengan konfigurasi 1-1 baik itu untuk dek bawah atau dek atas. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com