Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengendara Motor Belok Kanan Sein Kiri Bukan Cuma Ibu-ibu Saja

Kompas.com - 05/07/2023, 07:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara motor di Indonesia memang banyak jenisnya. Salah satu yang sering jadi bahan bercanda adalah ibu-ibu yang sein kiri tapi belok ke kanan.

Fenomena ibu-ibu di jalan raya itu memang menjadi pemandangan yang cukup jamak saat ini. Cuma, kasus sein kiri tapi belok ke kanan bukan cuma dilakukan oleh ibu-ibu, tidak sedikit laki-laki yang kelakuannya sama seperti itu.

Misal seperti pada video yang diunggah akun dashcamindonesia di Instagram. Terlihat seorang laki-laki menyalakan sein ke kiri, tapi perlahan dia jalan ke kanan dan lakukan putar balik.

Baca juga: Sudah Kasih Sein, Bukan Berarti Bisa Potong Jalan Seenaknya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Artinya, memang sein yang asal ini bukan cuma dilakukan oleh ibu-ibu saja, tapi juga laki-laki. Ada beberapa hal yang bisa jadi penyebabnya, salah satunya adalah kebiasaan orang Indonesia yang belajar motor secara autodidak.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana menjelaskan, pengendara motor di Indonesia mayoritas bisa karena belajar sendiri atau autodidak.

"Hampir semua pengendara motor di Indonesia itu kan belajarnya secara autodidak jadi hanya paham dalam pengoperasiannya saja tidak paham cara aman dalam berkendaranya," kata Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Quartararo Masih Berharap Ada Peningkatan Besar di Yamaha

Oleh karena itu, menurut Agus banyak pengendara di jalanan yang tidak paham cara berkendara yang aman. Sejatinya, lampu sein digunakan untuk memberi informasi ke pengguna jalan lain, ke mana arah motor menuju.

Selain itu, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, lampu sein yang salah ini juga biasanya karena pengendara yang lupa.

Biasanya setelah berbelok, dia tidak mematikan lampu sein. Tapi, banyak juga pengendara yang main belok tanpa nyalakan lampu sein, ini yang bikin bingung pengguna jalan lain.

“Pengendara juga sering tidak mematikan lampu sein ketika berbelok,” ucap Sony kepada Kompas.com.

Oleh karena itu, masalah nyalakan sein tapi salah belok bisa dilakukan siapa saja. Pengendara harus paham kalau salah nyalakan arah sein, malah bisa berbahaya untuk dirinya dan orang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com