Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Generasi Baru Mitsubishi Triton Hadir di Indonesia?

Kompas.com - 04/07/2023, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini Mitsubishi merilis teaser penampakan generasi baru dari Triton. Diketahui Triton generasi keenam ini bakal meluncur di Thailand pada 26 Juli 2023 mendatang.

Jika dilihat secara tampilan, fascia depan Triton generasi anyar lebih garang ketimbang model yang ada saat ini. Hal tersebut terlihat dari desain grille depan dan bentuk lampu yang lebih dinamis dan modern.

Bagian buritan Triton generasi baru menggunakan desain lampu berbentuk T namun horisontal. Desain lampu ini membuat kesan bodi lebih lebar dan gagah.

Baca juga: Mitsubishi Kembali Rilis Teaser Generasi Baru Triton

Tak hanya itu, kabin juga dipermak dengan desain dasbor yang lebih segar. Desain head unit, bentuk tombol-tombol, panel digital dan kontrol AC semuanya baru.

Lantas adakah kemungkinan double cabin dari Mitsubishi ini juga bakal masuk Indonesia dalam waktu dekat?

Menjawab hal ini Atsushi Kurita, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengaku belum akan membawa generasi terbaru Triton ke Indonesia.

“Dalam waktu dekat, belum ada rencana untuk menghadirkan generasi terbaru dari model Triton di Indonesia,” ucap Kurita, kepada Kompas.com, Senin (3/6/2023).

Mitsubishi Strada Triton di perkebunan kelapa sawit, Medan, Sumatera Utaradok KTB Mitsubishi Strada Triton di perkebunan kelapa sawit, Medan, Sumatera Utara

Sebagai informasi, sejak hadir di Indonesia pada 2002, Mitsubishi Triton menorehkan angka penjualan yang cukup baik. Bahkan secara wholesales pada periode 2020, Triton mendominasi segmen pikap kabin ganda sebesar 63,8 persen.

Triton pertama kali hadir di Indonesia lewat Mitsubishi L200 Strada pada 2002, kemudian Strada Triton pada 2008.

Tahun 2014, Mitsubishi meluncurkan Triton Hi Power yang telah mengusung mesin diesel dengan Variable Geometry Turbo (VGT) yang dilengkapi dengan transmisi otomatis INVECS II 5-Speed AT with Sport Mode.

Pada 2015, Mitsubishi kembali menyegarkan Triton dengan meluncurkan varian dengan desain bak kargo yang lebih besar dari sebelumnya.

Berbeda dari yang lalu, di balik kap mesin Triton terbaru terdapat unit 4D56 2.500 cc 4-silinder DI-D Common Rail dengan Turbocharger VGT.

Test Drive Mitsubishi TritonKOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Test Drive Mitsubishi Triton

PT MMKSI kembali menghadirkan model baru Triton Athlete pada 2018 dan New Triton tahun 2019 yang telah mengusung bahasa desain Dynamic Shield, seperti produk Mitsubishi lainnya.

Di tahun 2022, Mitsubishi kembali melakukan penyegaran dari sektor mesin dan eksterior. Mitsubishi Triton yang saat ini dipasarkan di Indonesia, dilengkapi dengan mesin diesel 4N15 (2.4L) MIVEC, dan 4D56 (2.5L)1 dengan spesifikasi standar emisi Euro-4.

Keduanya dilengkapi dengan fitur Intercooler dan Turbocharger Direct Injection Diesel, yang menghasilkan tenaga besar yang dapat diandalkan. Mesin diesel 4N15 dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 178 tk serta torsi maksimum hingga 430 Nm.

Baca juga: Mengulik Fitur Unggulan Honda Brio RS, Semakin Praktis

Tidak hanya perubahan pada spesifikasi mesin, Mitsubishi Triton dengan spesifikasi Euro-4 juga mendapatkan penyegaran pada tampilan eksterior. Mulai dari Black Paint Radiator Grille, Black Paint Door Mirror, Black Paint Outer Door Handle, Black Paint Front Under Garnish, Black Paint Rear Gate Handle,2 Black Paint Headlamp Garnish, Black Paint Side Step, dan Black Paint Step Bumper 3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com