Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kirim Motor Pakai Layanan Bus AKAP

Kompas.com - 02/07/2023, 14:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Layanan bus kini tidak hanya untuk mengantar manusia saja, namun juga mengirim sepeda motor. Desain bus saat ini makin modern guna memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga bus AKAP juga bisa mengakut sepeda motor.

Perusahaan otobus (PO) yang membuka layanan ekspedisi pengiriman motor kini juga sudah banyak, salah satunya Gunung Harta Transport Solutions (GHTS).

Bus tingkat dengan kelir hijau tersebut menggunakan model Ultra High Decker (UHD), alhasil punya bagasi yang lapang dan muat untuk mengangkut motor.

Baca juga: Jangan Ditiru, Aksi Sopir Toyota Fortuner Potong Lajur di Jalan Tol

“Bus yang bisa mengangkut motor itu yang trayek dari Malang ke wilayah lain dan sebaliknya. Tapi kalau dari keberangkatan di Bogor itu jenis bus UHD biasanya adanya pagi di pool Bubulak,” kata Andry salah satu sopir bus PO Gunung Harta di pool Bubulak kepada Kompas.com, Sabtu (1/7/2023).

Salah satu agen penjualan tiket GHTS yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, untuk besaran tarif kirim motor akan berbeda-beda.

Jarak dari daerah satu ke daerah lainnya dan juga berat jenis motor akan membuat harga pengiriman motor berbeda.

Ilustrasi bagasi bus yang diisi beragam barang termasuk sepeda motorbonsaibiker.com Ilustrasi bagasi bus yang diisi beragam barang termasuk sepeda motor

Kemudian, pelayanannya terbagi menjadi dua yakni hanya mengirim motor saja. Atau mengirim motor dengan penumpang. Adapun bila penumpang juga ikut berangkat menggunakan bus, maka harus beli tiket penumpang seperti biasanya.

“Tarif kirim motor saja tanpa penumpang dari Bogor ke Malang itu Rp 800.000 untuk jenis motor matik seperti Honda Vario. Untuk lama durasi pengiriman, kalau bus dari sini berangkat jam 13.00 WIB, maka kisaran jam 04.00 WIB besok harinya sudah sampai Malang,” kata agen GHTS.

Baca juga: Hunter Siapkan 6 Motor Listrik Baru, Meluncur Bulan Depan

Sementara itu, syarat untuk mengirimkan motor menggunakan layanan bus GHTS adalah harus menyertakan fotokopi KTP pengirim dan penerima. Lalu harus melampirkan pula fotokopi BPKB dan STNK asli.

“Nanti sebelum di masukan ke bagasi bus, kaca spion akan kami lepas untuk keselamatan. Lalu usahakan bensin masih terisi sedikit agar nanti begitu tiba di tujuan bisa langsung digunakan tidak di dorong. Nantinya jika sudah sampai ke tujuan, penerima yang harus menjemput motor tersebut ke pool atau kantor kami,” kata agen tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com