Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Liburan, Barang Bawaan Jangan Menutupi Kaca Belakang Mobil

Kompas.com - 30/06/2023, 11:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim liburan panjang Idul Adha sudah tiba, momen yang tepat untuk berlibur dan berwisata keluarga.

Bagi yang hendak berlibur menggunakan mobil, ada beberapa anjuran keselamatan bermanfaat yang sebaiknya dipahami. Hal ini berkaitan dengan penempatan barang bawaan di bagasi.

Barang bawaan harus disusun dengan baik supaya penempatannya sesuai. Satu hal yang harus diperhatikan adalah jangan sampai kaca belakang mobil tertutup.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia menjelaskan, barang yang menutupi kaca belakang mobil akan sangat membatasi visibilitas pengendara.

Baca juga: Usai Libur Idul Adha, Hari Ini Layanan SIM Kembali Beroperasi

Soal kapasitas bagasi, saat bangku baris ketiga berdiri tegak, bagasi Xpander Cross bisa menyimpan empat galon air. Pihak Mitsubishi mengklaim luas bagasi dalam kondisi ini mencapai 495 liter. KOMPAS.com/Gilang Soal kapasitas bagasi, saat bangku baris ketiga berdiri tegak, bagasi Xpander Cross bisa menyimpan empat galon air. Pihak Mitsubishi mengklaim luas bagasi dalam kondisi ini mencapai 495 liter.

Jarak pandang yang terbatas tentunya akan sangat membahayakan, karena pengendara tidak bisa mengantisipasi kendaraan-kendaraan lain yang ada di belakang.

“Apalagi saat mobil digunakan di jalan tol dengan kecepatan 60 kpj ke atas. Area belakang tidak boleh tertutup,” ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Supaya tidak ada blind spot tambahan karena kaca belakang mobil tertutup, Sony membagikan tips aman menyusun barang bawaan.

Usahakan barang bawaan diatur dalam posisi merata, bukan bertumpuk. Selain bisa mencegah jarak pandang yang terbatas, hal ini juga bisa membantu kestabilan mobil.

“Kalau nyusunnya asal-asalan, selain bisa membuat mobil berantakan dan tidak teratur, juga bisa membahayakan karena mobil jadi tidak seimbang akibat beban yang tidak merata,” kata dia.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com