Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan ke Puncak, Ingat Berlaku Sistem Ganjil Genap

Kompas.com - 30/06/2023, 11:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur akhir pekan kali ini sangat panjang karena bertepatan dengan cuti bersama Hari Raya Idul Adha. Untuk mengatisipasi terjadinya kemacetan di kawasan Puncak, Satlantas Polres Bogor memberlakukan sistem ganjil genap.

Sistem ganjil genap di kawasan Puncak sudah diberlakukan sejak 27 Juni 2023. Rencananya, pihak kepolisian akan memberlakukannya hingga 2 Juli 2023.

Baca juga: Jalur Puncak Ramai, Polisi Siapkan Skema One Way

KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto, mengatakan, pihaknya bakal memberlakukan ganjil genap sesuai Permenhub Nomor 84 Tahun 2021. Menurutnya, pelaksanaan ganjil-genap tetap situasional tergantung kondisi lalu lintas di lapangan.

Jika terjadi penumpukan kendaraan, maka akan diterapkan rekayasa lalu lintas lain, seperti one way (satu arah) atau buka tutup.

Kepadatan kendaraan di kawasan Puncak Pass Cianjur, Jawa Barat, Minggu (30/4/2023) siang. Petugas tengah memberlakukan one way dari arah Bogor menuju PuncakKOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Kepadatan kendaraan di kawasan Puncak Pass Cianjur, Jawa Barat, Minggu (30/4/2023) siang. Petugas tengah memberlakukan one way dari arah Bogor menuju Puncak

“Kita mulai besok di hari Selasa sore dan malam hari dan mulai hari Rabu pagi sore malam kita laksanakan dengan situasional arus lalu lintas,” ujar Ardian, dilansir dari NTMC Polri, Senin (26/6/2023).

Baca juga: Hari Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Kendaraan Keluar Jabotabek

“Apabila cukup padat nanti ada rekayasa seperti one way atau buka tutup sepenggal. Nanti kami sesuaikan melihat situasi arus masuk ataupun turun dari Puncak,” kata Ardian.

Sejumlah Ruas Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, mengalami kemacetan pada lebaran hari pertama atau Sabtu (22/4/2023) siangKOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Sejumlah Ruas Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, mengalami kemacetan pada lebaran hari pertama atau Sabtu (22/4/2023) siang

Kepada pengendara yang berencana liburan ke kawasan Puncak atau melintasinya, diimbau untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan mematuhi aturan serta petugas di lapangan.

Selain itu, waspadai juga titik-titik yang menjadi rawan bencana. Sebab, kondisi cuaca di kawasan Puncak saat ini tidak menentu.

Kemacetan di jalur Puncak Pass Cianjur imbas pemberlakuan one way sejurus peningkatan jumlah pengunjung ke kawasan Puncak, Minggu (30/4/2023)KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Kemacetan di jalur Puncak Pass Cianjur imbas pemberlakuan one way sejurus peningkatan jumlah pengunjung ke kawasan Puncak, Minggu (30/4/2023)

“Saat ini di kawasan Puncak itu cuacanya sudah cenderung setiap hari mendung dan bahkan hujan. Mohon untuk berhati-hati persiapkan kendaraan lampunya penerangan karena nanti akan adanya kabut,” ujarnya.

Ardian menambahkan, jangan memarkirkan kendaraan di bahu jalan. Selain itu, jangan juga di dekat pohon, karena dikhawatirkan terjadi longsor atau pohon tumbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com