Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda dan Yamaha Dapat Status Konsesi, Ducati Minta Dorna Tetap Adil

Kompas.com - 30/06/2023, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sports berencana untuk memberikan status konsesi pada Honda dan Yamaha. Pihak Ducati turut mendukung, tapi meminta untuk dilakukan secara adil.

Ducati Corse General Manager Gigi Dall'Igna, mengatakan, dirinya setuju jika kejuaraan ini harus seseimbang mungkin. Sehingga, harus dicarikan solusi agar semuanya bisa bersaing untuk posisi teratas.

Baca juga: Rusuk Marquez Ternyata Sudah Retak Sebelum MotoGP Belanda 2023

"Tetapi yang terbaik harus selalu menang. Ini adalah olahraga dan olahraga bekerja seperti ini. Membantu tim yang mengalami kesulitan adalah hal yang tepat, namun juga harus dilakukan secara adil," ujar Dall'Igna, dikutip dari Crash.net, Jumat (30/6/2023).

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo@mj_photogp Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo

Dall'Igna menambahkan, dirinya tidak berpikir ini adalah masalah kejuaraan. Bahkan, Ducati memiliki kejuaraan yang luar biasa dan spektakuler dengan balapan yang hebat. Dia pun mengaku bangga bisa bekerja di kompetisi seperti ini.

"Sangat sulit untuk sampai di sini, dengan pengorbanan bertahun-tahun dari semua orang di dalam pabrik dan ini perlu diakui," kata Dall'Igna.

Baca juga: Selesai Paruh Pertama Musim 2023, Alex Marquez Semakin Konsisten

"Semua ini tidak dapat hilang di tahun-tahun mendatang, karena kemungkinan konsesi yang terlalu menguntungkan pihak lain," ujarnya.

Momen ketika pebalap Repsol Honda Marc Marquez menabrak pebalap RNF MotoGP Miguel Oliveira dalam balapan utama MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB.AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Momen ketika pebalap Repsol Honda Marc Marquez menabrak pebalap RNF MotoGP Miguel Oliveira dalam balapan utama MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB.

Untuk diketahui, musim ini format balapan berubah dengan adanya sprint race. Sehingga, waktu untuk sesi latihan menjadi berkurang. Format ini dinilai menyulitkan tim untuk mengembangkan motornya.

Saat ini, Ducati mendominasi MotoGP dan terkadang ada KTM serta Aprilia di barisan depan. Tapi, sangat jarang terlihat Honda dan Yamaha bersaing untuk podium.

Hal yang ditakutkan adalah kedua pabrikan tersebut mengikuti langkah Suzuki, yakni keluar dari MotoGP. Sehingga, keluarlah wacana untuk memberikan status konsesi pada Honda dan Yamaha.

Miguel Oliveira mengalami insiden kecelakaan dengan Fabio Quartararo pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit JerezDok. @88migueloliveira Miguel Oliveira mengalami insiden kecelakaan dengan Fabio Quartararo pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez

Untuk diketahui, dengan menyandang status konsesi, maka pabrikan bisa mengembangkan mesinnya di tengah berjalannya musim balap. Pabrikan juga bisa menggelar sesi tes pribadi lebih dari tim lainnya yang tidak mendapatkan status tersebut.

Namun, regulasi saat ini menyebutkan bahwa status konsesi hanya diberikan kepada tim yang selama satu musim tidak berhasil naik podium. Sementara, Honda musim ini sudah meraih satu kemenangan berkat Alex Rins dan satu podium dari Marc Marquez. Begitu pula dengan Yamaha juga meraih dua kali podium melalui Fabio Quartararo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com