Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Belanda 2023: Bagnaia Juara, Banyak Pebalap Crash!

Kompas.com - 25/06/2023, 19:43 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia berhasil menjadi pebalap tercepat pada MotoGP Belanda 2023 yang digelar di Sirkuit Assen pada Minggu (25/6/2023), pukul 19.00 WIB. Berikut hasil balap MotoGP Belanda 2023.

Dirinya berhasil mendominasi posisi teratas sejak putaran pertama walau mendapat desakkan dari Brad Binder dan Marco Bezzecchi yang menjadi pebalap tercepat saat sesi kualifikasi.

Secara umum, walau tanpa Marc Marquez laga MotoGP Belanda 2023 berlangsung sangat ketat ketat. Bahkan lima pebalap dengan kecelakaan berbeda terpaksa harus keluar lintasan saat laga baru berlangsung lima lap.

Baca juga: Klasemen Sementara Usai Sprint Race MotoGP Belanda, Bagnaia Masih Unggul

 

Jalannya Balapan

Saat bendera penanda atas dimulainya balapan dikibarkan, Binder yang memulai laga pada posisi ke-4 langsung menusuk masuk posisi terdepan melewati Bezzecchi dan Bagnaia yang memulainya dari posisi pertama serta kedua.

Ia lantas berusaha melepas tekanan Bagnaia yang terus menempel di belakangnya dengan jarak 0,2 detik. Namun pada saat yang sama, Jack Miller yang ingin ikut ke partai depan gagal masuk ke celah Bezzecchi yang berada di urutan ke-3.

Francesco Bagnaia di MotoGP BelandaTWITTER/PECCOBAGNAIA Francesco Bagnaia di MotoGP Belanda

Alhasi, dirinya harus keluar arena pada putaran pertama di lap satu. Kondisi serupa pun dialami Fabio Quartararo dan Johan Zarco pada dua putaran selanjutnya. Mereka terpaksa keluar area di tikungan ke-2 dan 3.

Baca juga: Live MotoGP Belanda 2023; 5 Pebalap Langsung Jatuh di Lap Awal

 

Tidak berselang lama, insiden keluar arena dialami Maverick Vinales. Ia tampak gagal untuk melakukan pengereman sehingga motornya terus melaju ketika melintas di tikungan ke-3 saat balapan tersisa 22 putaran.

Lima putaran berlangsung, Bagnaia mulai menunjukkan tajinya untuk memimpin laga. Tetapi dua pebalap di belakangnya yaitu Binder dan Bezecchi terus menempel secara ketat dengan perbedaan jarak 0,913 detik.

Pada saat yang sama, Enea Bastianini menyusul Quartararo dan Vinales. Dirinya tidak bisa melanjutkan balapan karena ada masalah pada motornya setelah bernavuer terlalu dalam di tikungan ke-5.

Memasuki lap 10, posisi di partai terdepan MotoGP Belanda 2023 belum berubah banyak. Di mana, Bagnaia memimpin laga dengan dibuntuti oleh Binder.

Baca juga: Begini Nasib Kalau Truk Maksa Nyalip di Tikungan

Sementara Bezzecchi cukup santai untuk menyusul keduanya karena berbeda 1 detik dengan Aleix Espargararo yang menempati posisi ke-4. Adapun menutup lima besar, ada Jorge Martin yang diikuti Alex Marquez.

Tersisa 11 putaran, posisi tersebut tak kunjung berubah. Hanya perbedaan jarak saja yang semakin menyempit di mana antara Bagnaia dan Binder 0,9 detik. Sementara Bezzecchi membutuhkan 0,3 detik untuk menyalip Binder.

Perbedaan waktu yang tipis itu lantas dimanfaatkan Bezzecchi saat laga terisa 9 putaran lagi. Cukup terkejut, kini dirinya seketika berhasil mengasapi Binder dengan jarak 0,4 detik.

Adapun posisi ke-3 dengan ke-4 tampak lebih jauh dengan kira-kira perbedaan waktu sekitar 0,6 detik. Kondisi terkait lantas terus bertahan hingga balapan tersisa lima putaran.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com