Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Royal Enfield Classic 650 Sedang Dites, Ujung Knalpot Ada 2

Kompas.com - 23/06/2023, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan motor Royal Enfield memang akan meluncurkan berbagai produk baru dengan basis 650cc, salah satunya model Classic yang ikonik.

Royal Enfield bisa dibilang menghadirkan motor bergaya klasik dengan teknologi modern. Pada motor baru ini (Classic 650), akan kedapatan mesin 650cc dua silinder segaris yang pertama kali dipakai di model Interceptor dan Continental GT.

Dikutip dari Autocar India, prototipe Classic 650 kedapatan sedang dites di India. Secara tampilan, Classic 650 masih membawa desain dari model Classic 350, seperti lampunya yang menyatu dengan dudukan suspensi depan.

Baca juga: Wujud Royal Enfield Himalayan 450, Mesin Baru dengan Lonjakan Tenaga

Royal Enfield Classic 350KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Royal Enfield Classic 350

Lalu, dipasang juga pelek jari-jari dan berbagai komponen dilabur dengan chrome, menambah aura classic. Pembedanya, lampu depan kemungkinan pakai LED, berbeda dengan Classic 350 yang masih halogen.

Secara tampilan, ini memang masih model pra-produksi, artinya bisa saja ada perubahan pada produk yang dijual nanti. Tapi sudah kelihatan garangnya, mesin lebih besar, jadi lebih padat ditambah ada dua knalpot di sisi kanan dan kiri.

Model Classic juga bisa dibilang paling ikonik yang ditawarkan Royal Enfield. Pada bagian suspensi depan masih teleskopik dengan cover, sedangkan di belakang ada dua shockbreaker demi kenyamanan berkendara.

Baca juga: Korlantas Sebut Ujian Praktik Zig-zag dan Angka 8 Bakal Direvisi


Untuk mesin 650cc, diperkirakan akan sama dengan yang dipakai di model Interceptor dan Continental GT. Tenaga yang dihasilkan sekitar 47 TK dengan torsi 52 Nm, mungkin ada perbedaan di final gear dengan produk lain.

Selain itu, kemungkinan juga prototipe Classic ini jadi model tes untuk Bullet 650. Mengingat kedua motor punya bahasa desain yang mirip-mirip, jadi satu prototipe bisa jadi untuk dua model.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com