Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berani Ambil Risiko, Marc Marquez Tak Takut Cedera

Kompas.com - 16/06/2023, 19:21 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez menyebut motor Honda saat ini membuatnya harus mengambil banyak risiko untuk mendapat hasil terbaik, namun di satu sisi juga meningkatkan potensi cedera.

Seperti diketahui Marc Marquez mengalami cedera hebat pada 2020. Dia butuh empat kali operasi agar membuat lengan kanannya bisa sehat seperti sebelum terjadi kecelakaan di Jerez 2020 lalu.

Baca juga: Honda Pamer Motor Listrik di Jakarta Fair 2023, Cuma Pajangan

Secara implisit Marquez berujar risiko adalah harga untuk menjadi juara. Pebalap asal Spanyol itu mengatakan tidak takut cedera, yang dia pikirkan ialah menang.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menghampiri Miguel Oliveira seusai terlibat kecelakaan dalam balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB. Akibatnya, Marc Marquez dan Miguel Oliveira absen di MotoGP Argentina 2023. Marc Marquez dipastikan kembali absen pada MotoGP Amerika yang akan digulirkan akhir pekan ini.AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menghampiri Miguel Oliveira seusai terlibat kecelakaan dalam balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB. Akibatnya, Marc Marquez dan Miguel Oliveira absen di MotoGP Argentina 2023. Marc Marquez dipastikan kembali absen pada MotoGP Amerika yang akan digulirkan akhir pekan ini.

"Saya tidak khawatir tentang cedera, sebab jika demikian Anda tidak akan cepat di lintasan. Tapi memang benar ada risiko, cara kami membalap sekarang," ujar Marquez dilansir dari Crash.net, Jumat (16/6/2023).

"Tahun lalu saya tidak siap untuk menyerang, sekarang saya siap. Saya siap untuk berada di sana. Tapi memang benar saya terlalu memaksakan. Di Le Mans saya terlalu memaksakan diri," ujar Marquez.

"Di Mugello saya merasa nyaman, mengendalikan semua situasi, finis enam-tujuh besar," ujar Marquez.

Di sisi lain, meski belum mendapatkan hasil yang baik di musim ini, Marc Marquez tetap memiliki keyakinan yang besar terhadap Honda untuk bisa kembali ke puncak MotoGP.

Baca juga: Ribut di Jalan Berujung Tabrakan, Pengendara Motor Harus Waspada

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (tengah) setelah merampungkan sesi kualifikasi MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Internasional Algarve, Sabtu (25/3/2023) malam WIB. Marc Marquez mengakhiri sesi kualifikasi MotoGP Portugal 2023 dengan catatan waktu lap tercepat. Artikel ini berrisi jadwal race MotoGP Portugal 2023.AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (tengah) setelah merampungkan sesi kualifikasi MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Internasional Algarve, Sabtu (25/3/2023) malam WIB. Marc Marquez mengakhiri sesi kualifikasi MotoGP Portugal 2023 dengan catatan waktu lap tercepat. Artikel ini berrisi jadwal race MotoGP Portugal 2023.

Seperti diketahui, The Baby Alien, julukan Marquez, selalu mendapatkan nasib buruk sepanjang musim 2023. Bahkan Marquez tercatat belum pernah berhasil membawa RC213V melewati garis finis selama balapan utama berlangsung.

Namun, hal tersebut tak mengurangi pebalap asal Cervera, Spanyol itu terhadap Honda untuk tampil kompetitif dan kembali ke puncak MotoGP.

“Kami tahu Honda berada dalam momen yang sulit dan semua pebalap mereka banyak berjuang. Saya berharap bersama-sama kita bisa meningkatkan proyek ini,” ucap Marquez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com