Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Pamer Motor Listrik di Jakarta Fair 2023, Cuma Pajangan

Kompas.com - 16/06/2023, 15:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan bakal ada tujuh model moped listrik atau sepeda motor listrik yang diluncurkan secara bertahap hingga 2030.

Dari tujuh model tersebut, terdapat dua model yang akan rilis 2023, dua model pada 2024, dan sisanya yang berjumlah tiga model diperkirakan rilis antara 2025 sampai 2030.

Seperti diketahui, AHM sudah beberapa kali memamerkan jajaran motor listriknya. Semisal pada ajang IMOS 2022, lalu IIMS 2023.

Baca juga: Belajar dari Kasus Pengemudi Mobil Lindas Pengendara Motor di Cakung

Motor listrik Honda kembali dipamerkan di Jakarta Fair 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Motor listrik Honda kembali dipamerkan di Jakarta Fair 2023

Menariknya, jajaran motor listrik Honda, yang salah satunya adalah EM1 e:, kembali menampakkan diri di pameran Jakarta Fair 2023.

Apakah saat ini konsumen sudah bisa melakukan pre order alias pesan motor listrik tersebut sebelum peluncurannya?

“Itu kan kita lebih menunjukkan bahwa Honda itu dengan e: Technology kita sudah siap untuk mendukung roadmap EV dari pemerintah. Kita ingin menyampaikan hal demikian ke masyarakat,” ujar Thomas Wijaya, Executive Vice President Director, kepada Kompas.com (15/6/2023).

Baca juga: Sopir Bus AKAP Lebih Suka Mesin Depan atau Belakang?

Thomas menambahkan, pemesanan motor listrik bisa dilakukan setelah produknya meluncur ke pasar.

“(Pre order) belum, nanti akan diinfokan lebih lanjut. Kita ingin menunjukkan bahwa kita sudah mempersiapkan teknologi ke arah motor listrik,” kata dia.

Artinya menurut penjelasan Thomas, motor listrik Honda ini masih belum bisa dijual ke konsumen.

Sebelumnya, kepastian peluncuran motor listrik Honda terungkap dalam dokumen “Summary of 2023 Honda Business Briefing – Honda’s corporate transformation initiatives including electrification”.

“Honda akan meluncurkan EM1 e: skuter listrik yang dilengkapi dengan Honda Mobile Power Pack e: baterai yang dapat ditukar di Jepang, Eropa, dan Indonesia sebelum akhir tahun 2023,” tulis keterangan di laman Honda Global (26/4/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com