Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Rp 11 Jutaan, Pilih Yaris Cross G CVT atau HR-V S CVT?

Kompas.com - 15/06/2023, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota resmi mengumumkan harga SUV terbarunya yang bermain di segmen B, yakni Yaris Cross. Seperti diketahui, ada dua pilihan mesin yang ditawarkan, hybrid dan 1.5 konvensional.

Menariknya, Toyota menawarkan Yaris Cross dengan harga yang kompetitif. Bahkan untuk tipe non-hybrid, yakni 1.5 G CVT, dipasarkan hanya Rp 364 juta.

Harga tersebut mengundang perhatian dan dijadikan patokan perbandingan dengan Honda HR-V tipe S CVT yang dijual Rp 375,9 juta, atau lebih mahal Rp 11,9 juta.

Baca juga: Perbandingan Harga Yaris Cross dengan HR-V, Creta, sampai Grand Vitara

Meski bermain di segmen dan punya kapasitas mesin yang sama, tapi secara kelengkapan, tenaga, dan fitur yang ditawarkan, antara HR-V tipe S CVT dengan Yaris Cross 1.5 G CVT jelas berbeda.

All New Honda HR-VHPM All New Honda HR-V

Nah, bagi yang sedang menentukan pilihan, berikut redaksi ulas singkat soal perbandingan dari keduanya sehingga bisa menjadi referensi.

Dari sektor dapur pacu, Yaris Cross 1.5 G CVT menggunakan mesin 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc yang serupa dengan Veloz.

Soal tenaga, mesin tersebut mampu menghasilkan 78 kW atau 104,5 Tk pada 6.000 rpm serta torsi 138 Nm di rpm 4.200.

Baca juga: Perdana Geber Toyota Yaris Cross Hybrid, Lincah Diajak Bermanuver

Untuk kaki-kaki ditunjang suspensi McPherson pada bagian depan dan torsion beam di sektor belakang. Pelek memiliki dimensi 17 inci dan telah dilengkapi pengereman ABS, EBD, serta BA.

Fitur yang dihadirkan antara lain electric parking brake dan auto brake hold, air purifier, head unit 9 inci dengan koneksi smartphone secara wireless, layar TFT 7 inci, blind spot monitoring, hill start assist, rear cross-traffic alert, serta vehicle stability control.

Sedangkan untuk Honda HR-V S CVT, mesin 1.500 cc DOHC i-VTEC yang digunakan mampu menghasilkan tenaga sebesar 121 Ps atau 119,2 Tk dan torsi 145.

Honda HR-V GIIAS 2022KOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda HR-V GIIAS 2022

Dari perbandingan data di atas kertas, jelas urusan performa mesin baik tenaga dan torsi, Honda HR-V lebih unggul dari Yaris Cross 1.5 G CVT.

Baca juga: Terios Facelift Meluncur, Apa Kabar Toyota Rush?

Selain itu, meski varian terendah tapi teknologi Honda Sensing yang jadi perangkat keselamatan aktif sudah menjadi fitur standar pada semua tipe HR-V. Termasuk hill start assist, hill descent control, rear start reminder, vehicle stability assist, serta pengereman ABS, EBD, dan BA.

Untuk kenyamanan selama perjalanan, Honda melengkapi HR-V S CVT dengan head unit layar sentuh 7 inci yang juga memiliki koneksi smartphone dan empat buah speaker.

Toyota Yaris CrossKompas.com/Nanda Toyota Yaris Cross

Nah, tinggal dipilih mana dari keduanya yang kira-kira paling menarik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com