Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran IMOS Mau Digelar Lagi Tahun Ini

Kompas.com - 13/06/2023, 16:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pameran sepeda motor Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 rencananya akan kembali digelar pada tahun ini.

Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) kabarnya bakal menyelenggarakan pameran ini lebih sering dari sebelumnya.

Seperti diketahui, pameran IMOS biasanya berlangsung dua tahun sekali. Terakhir ajang ini bergulir November 2022, harusnya dihelat kembali pada 2024. Namun memasuki 2023, pameran ini tengah dipersiapkan lagi.

Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial AISI, membeberkan alasan mengapa pameran IMOS kini berlangsung lebih sering.

Baca juga: Perlukah Melakukan Engine Flush Tiap Mengganti Oli?

Inspirasi modifikasi motor-motor Suzuki di IMOS 2018stanly Inspirasi modifikasi motor-motor Suzuki di IMOS 2018

“Iya kita rencana mau mengadakan lagi. Kurang lebih antara Oktober atau November 2023,” ujar Sigit, kepada Kompas.com (12/6/2023).

“Biasanya dua tahunan, supaya industri sepeda motor ini di dalam pengembangannya, atau update kepada konsumen, bisa selalu mendekatkan kepada masyarakat pengguna,” kata dia.

Ketika disinggung soal momentum peluncuran motor listrik di pameran tersebut, menurutnya kehadiran IMOS tahun ini lebih kepada tes pasar sebelum digelar rutin tiap tahun.

Baca juga: Hindari 3 Perilaku Ini supaya Aki Motor Panjang Umur

“Enggak lah, kita memang ada event itu (peluncuran motor listrik). Tapi ini kan kita selalu uji pasar untuk nanti hadir setiap tahun. Ya setiap tahun kayak GIIAS,” ucap Sigit.

Sebagai informasi, pada tahun lalu, IMOS 2022 dikunjungi sebanyak 89.987 orang, yang dimeriahkan lebih dari 65 merek peserta mulai dari brand motor sampai aksesoris.

Sepanjang pameran tercatat 2.961 unit motor berhasil terjual, yang mana 18 persen di antaranya adalah motor listrik. Torehan ini naik dua kali lipat dari IMOS 2018 sebanyak 1.332 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com