Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota GR H2 Racing Concept, Mobil Balap Hybrid Bertenaga Hidrogen

Kompas.com - 10/06/2023, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota memperkenalkan mobil balap andalan terbarunya, yakni GR H2 Racing Concept. Mobil balap hybrid bertenaga hidrogen ini akan mengikuti ajang balap ketahanan Le Mans 24 Hours di Perancis.

Dalam ajang balap ketahanan tersebut, Toyota menjadi pabrikan yang mendominasi dengan lima kemenangan berturut-turut sejak 2018 hingga 2022. Kali ini, Toyota mencoba mempertahankan kemenangannya dengan mobil balap terbaru dengan teknologi terkini.

Baca juga: Toyota GR Prius Concept Dipamerkan ke Publik

Toyota GR H2 Racing Concept merupakan mobil balap dengan kokpit yang hanya memuat satu orang saja. Banyak perangkat aerodinamika bergaya F1 yang membuat tampilannya jadi semakin agresif.

Toyota GR H2 Racing ConceptDok. Toyota Toyota GR H2 Racing Concept

Semakin agresif lagi dengan lampu LED di bagian depan yang menyambung pada lampu utama kanan dan kiri. Bagian depannya juga memiliki banyak lubang untuk jalur masuknya udara.

Tidak banyak spesifikasi yang dibeberkan oleh Toyota, hanya dimensinya saja. Mobil ini memiliki panjang 5.100 mm dan lebar 2.050 mm. Sedikit lebih panjang dan lebih lebar dibandingkan GR010 Hybrid yang selama ini jadi andalan Toyota.

Baca juga: Intip Langsung Proses Pembuatan Toyota GR Yaris

Terkait dapur pacu, tidak ada spesifikasi yang diberikan oleh Toyota. Pabrikan asal Jepang tersebut hanya menyebutkan bahwa mobil balap ini mengombinasikan mesin hidrogen dengan sistem hibrida.

Toyota GR H2 Racing ConceptDok. Toyota Toyota GR H2 Racing Concept

Sebelumnya, penyelenggara Le Mans 24 Hours mengumumkan bahwa mobil balap bermesin hidrogen boleh ikut balapan di kategori H2, bersama dengan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

Langkah ini memungkinkan Toyota untuk lebih jauh mengembangkan teknologi hidrogen untuk selanjutnya digunakan pada kendaraan yang diproduksi massal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com