Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Vespa Elettrica Siap Meluncur Tahun Ini

Kompas.com - 07/06/2023, 11:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Di pasar global, Vespa telah memasarkan motor listrik Elettrica. Sementara di Indonesia, motor ini kabarnya juga akan diperkenalkan.

Melihat secara sekilas, Vespa Eletrica tampak mirip dengan Vespa Primavera. Tidak mengherankan, sebab kedua produk memang menggunakan basis bodi serupa.

Meski mirip dari sisi tampilan, di mana Elettrica mengusung tipe sasis Vespa small body. Perbedaan dibandingkan model lama tentu saja sistem penggerak yang sudah full electric.

Baca juga: Bikin Bingung, Ini yang Terjadi kalau Mobil Pakai Lampu Rem Modifikasi

New Vespa ElettricaFoto: Motocycle.com New Vespa Elettrica

Ayu Hapsari, PR & Communication Manager PT Piaggio Indonesia, mengatakan, pihaknya siap meluncurkan motor listrik di Tanah Air.

Very soon, tunggu saja ya. Tunggu tanggal mainnya, di tahun ini,” ujar Ayu, kepada wartawan di Jakarta (6/6/2023).

Bercermin dari pasar luar negeri, terdapat beberapa pilihan warna Vespa Elettrica, mulai warna Azzuro Elettrico (biru), Verde Boreale (hijau), Giallo Lampo (kuning), Cromo (krom), Nero Profondo (hitam) and Grigio Fumo (grey).

Baca juga: PO Sinar Jaya Rilis Bus Baru, Lorong Kabin Lapang

Identitasnya sebagai vespa berpenggerak motor listrik juga terlihat dari emblem 'Elettrica' yang ada di tepong belakang kanan kiri motor.

Selain punya 3 riding mode yaitu Eco, Power dan Reverse, Vespa Elettrica punya fitur regenerative braking yang bisa mengisi ulang daya saat mengerem.

Kemudian, motor listrik ini mengusung panel instrumen sudah full digital TFT 4,3 inci seperti Vespa Primavera 75th Anniversary, serta dilengkapi fitur koneksi smartphone Vespa MIA.

Baca juga: Pemerintah Siap Permudah Pemberian Subsidi Motor Listrik

Piaggio umumkan produksi skutik elektrik mereka, ElettricaPiaggio Piaggio umumkan produksi skutik elektrik mereka, Elettrica

Data di atas kertas, Vespa Elettrica punya spek motor penggerak bertenaga setara 5,3 Tk dengan torsi maksimum sebesar 200 Nm.

Motor listrik ini pakai baterai lithium-ion 86 Ah 48,1 V model tanam. Untuk mengecas sampai penuh, butuh waktu sekitar 4 jam, dan jarak tempuh maksimal yang diklaim bisa mencapai hingga 100 Km.

Soal tipenya, tersedia dua pilihan yaitu Elettrica tipe 45 Kpj dan tipe 70 Kpj, serta varian spesial Vespa Elettrica (RED) yang dilabur warna merah.

Selain beda di top speed, Vespa Elettrica tipe 70 Kpj juga dilengkapi dengan fitur rem combi brake.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com