Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Lengkap Toyota Agya, Bahas Desain hingga Biaya Kepemilikan

Kompas.com - 24/05/2023, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Agya generasi terbaru di hadirkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) awal 2023. Kehadiran mobil murah dari Toyota ini langsung mendapat sambutan positif dari konsumen di Indonesia.

Pasalnya, Agya tak hanya dibekali dengan desain eksterior yang lebih modern, tetapi juga teknologi dan fitur keselamatan terbaru untuk menunjang pengemudi dan penumpang saat berkendara. Selain itu, mobil yang berada di segmen Low Cost Green Car (LCGC) ini juga memiliki kehematan bahan bakar yang cukup mumpuni.

Bagi Anda yang sedang mencari mobil perkotaan, bisa mempertimbangkan Toyota Agya yang dibanderol Rp 167,9 juta sampai Rp 253,6 juta.

Baca juga: Bahas Desain All New Toyota Agya, Lebih Modern dan Sporty

Pertama dari sisi dimensi, Toyota Agya memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.505 mm, serta jarak sumbu roda 2.525 mm. Dimensi tersebut sedikit lebih kecil dibandingkan rivalnya yakni Honda Brio.

Toyota AgyaKompas.com/Nanda Toyota Agya

Melihat tampilan depan, fascia Toyota Agya didominasi dengan grill berbentuk horizontal, lengkap dengan list chrome dan emblem gambar burung. Sektor pencahayaan mobil ini juga sudah dilengkapi dengan LED dan illumination lamp.

Berlanjut ke bagian samping, tampilannya lebih dinamis dan modern dibanding dengan generasi sebelumnya. Di mana Agya anyar sudah dibekali dengan gagang pintu model pull up. Soal kaki-kaki, Agya menggunakan pelek model kipas dengan ukuran 14 inci, dibalut dengan ban 175/65.

Di bagian buritan, tampilan Agya anyar jauh lebih sporty dibandingkan versi sebelumnya. Garis tegas dan lekukan pada body belakang, serta spoiler kecil di bagian atap membuat tampilan mobil ini jadi lebih menarik.

Dari sisi interior, kabin Toyota Agya didominasi dengan warna hitam, dengan material plastik pada dasbor dan doortrim.

Bagian jok dilapisi material fabric dengan aksen belah ketupat. Pengaturan jok masih manual, dan belum dilengkapi dengan pengaturan ketinggian jok (hanya maju mundur dan rebah jok).

Baca juga: Modifikasi Toyota Agya Bergaya Reli

Interior Toyota AgyaKompas.com Interior Toyota Agya

Setir mobil sudah menggunakan model palang tiga, dengan material kulit berwarna hitam dan sedikit aksen silver. Sebelah kiri setir, terdapat tombol audio steering switch. Meskipun, untuk pengaturan setir baru bisa tilt dan belum telescopic.

Menariknya, untuk tipe G CVT yang tim redaksi coba, pada belakang kemudi sudah terdapat tuas paddle shift yang dapat memberi pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Dasbor ada layar hiburan 7 inci yang sudah mirrorlink, dengan sudah memiliki koneksi bluetooth. Kemudian di bawah head unit terdapat kisi-kisi AC dan pengaturannya yang sudah digital.

Toyota Agya juga telah mendapatkan peningkatan fitur safety. Diameter tromol rem belakang ditambah untuk meningkatkan daya pengereman, disinergikan dengan rem cakram di depan dan penggunaan fitur ABS+EBD.

Ada juga Rear Parking Sensor, Speed Sensor Lock, Alarm dan Immobilizer, Isofix serta Seat Belt Warning. Dual Airbags ada di seluruh tipe, lengkap dengan Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) sebagai standar.

Baca juga: Alur Pembuatan Truk di Indonesia, Wajib Diikuti Agar Tidak Jadi Truk Bodong

Test drive Toyota AgyaKOMPAS.com/Adityo Test drive Toyota Agya

Lantas bagaimana dengan rasa berkendara Toyota Agya generasi anyar ini?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com