Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Asal Thailand Investasi di Oyika, Percepat Ekspansi Bisnis Baterai EV

Kompas.com - 19/05/2023, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun terakhir, motor listrik memang semakin populer di Indonesia. Ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mempromosikan kendaraan listrik sebagai salah satu cara mengurangi emisi gas rumah kaca dan polusi udara.

Dapat dibuktikan bahwa pada bulan Maret 2023, terdapat 43.224 sepeda motor listrik yang digunakan di Indonesia, dan sebanyak 12.123 di antaranya ditambahkan dalam tiga bulan pertama tahun 2023. Kementerian ESDM bahkan memprediksi jumlahnya akan naik pesat hingga 13 juta unit pada 2030 mendatang.

Oyika, perusahaan rintisan yang menyediakan solusi pertukaran baterai dan Battery-as-a-Service (BaaS) untuk motor listrik, baru-baru ini menerima investasi dari Banpu NEXT. Hal ini menunjukkan bahwa Banpu NEXT percaya Oyika memiliki potensi besar untuk sukses di pasar energi terbarukan.

Baca juga: Oyika Tambah Fasilitas SPBKLU Tahun Ini

Nusantara Rama dan Nusantara Maju menggunakan sistem swap battery dari Oyika.KOMPAS.com/Gilang Nusantara Rama dan Nusantara Maju menggunakan sistem swap battery dari Oyika.

CEO Banpu NEXT Sinon Vongkusolkit mengatakan, teknologi pertukaran baterai dan model BaaS Oyika dapat meningkatkan pasar kendaraan listrik dan mendorong adopsi transportasi energi bersih.

Banpu NEXT sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan, penyimpanan energi, perdagangan energi, e-Mobility, dan manajemen energi & smart city.

Perusahaan ini tidak hanya berfokus pada bisnis. Namun juga berkomitmen untuk menjadi mitra penyedia energi Net-Zero jangka panjang untuk berbagai perusahaan. Serta, menjadi solusi energi cerdas secara total untuk membantu pelanggannya mencapai tujuan keberlanjutan ESG (Environment, Social & Governance).

Baca juga: Skema Cicilan NIU Gova 03 Oyika, Beli Motor Baterainya Sewa

Oyika hadirkan motor listrik dengan teknologi swap batteryDok. Oyika Oyika hadirkan motor listrik dengan teknologi swap battery

Dengan mendapatkan suntikan investasi dari perusahaan terkemuka di Asia Pasifik ini, Oyika berharap dapat mempercepat rencana ekspansi, memperluas jaringan stasiun penukaran baterai (swap station), dan meningkatkan penawaran BaaS mereka di berbagai kawasan. Bahkan, hingga ke Thailand dan Malaysia.

Percepatan rencana bisnis Oyika ini pada akhirnya akan turut membantu mengembangkan industri motor listrik di Indonesia secara keseluruhan.

Hal ini tentunya dapat membantu berbagai pihak, termasuk pemerintah Indonesia untuk mengejar target peningkatan jumlah kendaraan listrik beserta Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) atau swap station dengan teknologi yang lebih maju.

Baca juga: Oyika Hadirkan Motor Listrik Murah di Indonesia, Mulai Rp 9 Jutaan

Tak hanya itu, investasi yang mendorong percepatan rancanya tersebut juga bisa menjadi peluang kemitraan dengan berbagai brand lokal Indonesia. Harapannya, saat kemitraan ini terjalin, Oyika dapat membantu produsen sepeda motor listrik di Indonesia untuk memperluas pasarnya. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga hingga ke wilayah lain di Asia Tenggara.

"Kemitraan dengan Banpu NEXT juga akan mempercepat adopsi transportasi ramah lingkungan dan memungkinkan kami untuk berkontribusi dalam mitigasi perubahan iklim," ujar Albert Soerjonoto, Wakil Direktur Oyika Indonesia.

Namun, tantangan utama dalam mengadopsi kendaraan ramah lingkungan ini adalah harganya yang lebih mahal dari kendaraan bermotor konvensional. Infrastruktur pengisian baterainya juga masih terbatas. Sehingga, membuat banyak pengendara khawatir soal jarak tempuh perjalanannya.

Baca juga: Diskon Motor Listrik Selis di PEVS 2023, Tembus Rp 6 Juta

Oyika mengatasi hambatan ini dengan menyediakan berbagai merek dan model sepeda motor listrik dengan layanan tukar baterai yang nyaman, cepat, dan terjangkau. Layanan ini memungkinkan pengendara motor listrik untuk mengganti baterai motor yang habis dengan baterai yang sudah terisi penuh di stasiun penukaran.

Pengendara dapat menikmati keuntungan ini tanpa perlu menunggu waktu pengisian baterai yang lama dan tanpa mengeluarkan biaya yang besar – cukup dengan membayar biaya berlangganan bulanan.

Baca juga: Ada Lelang Motor Listrik di PEVS 2023, Harga mulai Rp 1 Jutaan

Perusahaan multinasional ini juga terus mengembangkan jaringan stasiun penukaran baterai mereka yang kompatibel dengan berbagai sepeda motor listrik di pasaran. Pengembangan ini kian cepat dengan dorongan investasi dari Banpu NEXT. Transisi ke mode transportasi masa depan pun akan makin mudah.

Oyika kerap kali membagikan perkembangan teknologi baterai maupun inovasi perusahaan dalam mewujudkan Indonesia menjadi lebih hijau dan bebas polusi di kanal instagram @oyika.indonesia .

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com