Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Hyundai Akan Perkenalkan SUV EV Tahun Depan

Kompas.com - 16/05/2023, 14:21 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanggapi pasar battery electric vehicle (BEV) Indonesia yang semakin ramai dan potensial, Hyundai berencana memperkenalkan beberapa lini mobil listrik baru di tahun 2024.

Rencana ini juga diproyeksikan menjadi langkah selanjutnya setelah pabrik baterai kendaraan listrik (EV Battery) Hyundai di Karawang, Jawa Barat mulai beroperasi tahun depan.

“Kami (Hyundai) paham besarnya pasar EV di masa mendatang, oleh karenanya kami akan meluncurkan produk-produk baru kepada konsumen,” kata Sanghoon Yoon, Head of Future Business Group Hyundai Motor Asean HQ kepada Kompas.com, Senin (15/5/2023).

Yoon menjelaskan, akan ada beberapa lini mobil listrik baru yang dilansir Hyundai tahun depan. Salah satunya akan berjenis sport utility vehicle (SUV).

Baca juga: Hyundai Bicara Soal Harga Jual Kembali Mobil Listrik di Indonesia

Foto stok: Hyundai Creta.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Hyundai Creta.

Kendati demikian, dia tidak merinci apakah SUV tersebut merupakan lini yang baru sepenuhnya, atau model pengembangan dari produk yang sudah ada.

“Pastinya akan ada SUV listrik. Saya belum bisa bicara banyak, jadi nantikan saja,” ujarnya.

Untuk diketahui, sejauh ini Hyundai sudah memasarkan 4 lini SUV mereka di Indonesia yakni Creta, Palisade, Santa Fe, dan Kona. Di antara keempat model tersebut, hanya Kona yang memiliki varian EV.

Yoon menambahkan, selain mobil SUV, ada kemungkinan Hyundai akan memperkenalkan lini mobil ringkas dan ekonomis seperti MPV dan LCGC. Menurutnya, model tersebut diminati konsumen pengguna kendaraan Indonesia.

Baca juga: Korea Selatan Akan Bantu Perbanyak SPKLU di Indonesia

Hyundai Ioniq 5 Disney100 Platinum ConceptDok. Carscoopsc.om Hyundai Ioniq 5 Disney100 Platinum Concept

“Supaya jangkauan pasar dan penjualan mobil listrik meluas, tentunya kami harus memperbanyak model tipe ekonomis (MPV, LCGC), karena itulah permintaan dari mayoritas konsumen Indonesia,” kata dia.

Sebagai informasi, Hyundai adalah pemimpin penjualan BEV periode Januari-Maret 2023 berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Dengan total penjualan BEV sebanyak 1.800 unit, Hyundai Ioniq 5 menjadi EV terlaris dengan wholesale 886 unit.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com