Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Patenkan Nama RZ250 dan RZ350, Indikasi Motor Baru?

Kompas.com - 08/05/2023, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha RZ250 dan RZ350 merupakan motor dua tak legendaris dari Yamaha. Keduanya punya kesan yang melekat pada penggemar Yamaha periode 1970-an sampai 1990-an.

Yamaha di Jepang kabarnya sudah mematenkan kedua nama motor di atas. Lalu apakah dipatenkan kedua nama ini jadi indikasi motor baru Yamaha?

Dikutip dari Visordown, sepertinya Yamaha akan memakai dua nama tersebut untuk motor baru. Tapi berbeda dengan zaman dulu, motor barunya kemungkinan tidak lagi memakai mesin dua tak, mengingat regulasi emisi.

Baca juga: Update Harga Motor Bebek Mei 2023, Yamaha dan Honda Ada Kenaikan

Yamaha RD250 atau RZ250 yang dijual di Jepang periode 1970-an sampai 1980-anVISORDOWN.com Yamaha RD250 atau RZ250 yang dijual di Jepang periode 1970-an sampai 1980-an

Paling memungkinkan, Yamaha sedang melihat ke masa lalu untuk membentuk masa depannya. Jadi penggunaan nama RZ250 dan RZ350 kemungkinan akan dipasang ke motor dengan mesin empat tak modern.

Jadi, nanti kedua model akan memiliki mesin yang modern dengan bahasa bodi yang klasik. Motor modern dengan aura klasik memang sedang tren di pasaran, banyak merek yang punya lini produk seperti itu.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Bus Masuk Jurang di Guci, Sopir Tidak Ada dan Kernet Bus Nyalakan Mesin


Selain itu, alasan klise lain nama tersebut dipatenkan adalah agar tidak digunakan oleh merek pesaing atau sebagainya. Yamaha tentu tidak rela nama motor legendarisnya nanti malah ditemukan di motor merek lain.

Jadi mari kita tunggu saja akan seperti apa kedua nama tersebut akan dipasang ke motor apa. Kalau bicara motor modern bergaya klasik, Honda punya GB350, lalu ada juga Royal Enfield yang berjaya di kelas motor klasik 350cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com