Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Mitsubishi XFC Concept Sudah Terdaftar di Indonesia

Kompas.com - 08/05/2023, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada Februari 2023 lalu, Mitsubishi XFC Concept terpantau sudah terdaftar di Indonesia, tepatnya ada di dalam Pangkalan Data Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI.

Mitsubishi XFC Concept telah terdaftar di Berita Resmi Desain Industri No.18/DI/2023 yang diumumkan pada 5 Mei 2023 itu.

Tertulis nama dan alamat pemohon desain tersebut adalah Mitsubishi Jidosha Kogyo Kabushiki Kaisha yang beralamat di Tokyo Jepang.

Dalam data tersebut terlihat juga desain mobil mirip dengan Mitsubishi XFC Concept.

Baca juga: Honda Senggol Alex Rins yang Sering Beri Kritik di Media

Pendaftaran merek atau paten memang tidak bisa dipastikan sebagai sinyal peluncuran produk, namun hal ini jadi pintu masuk awal sebelum dipasarkan secara nasional.

Seperti diketahui, Mitsubishi kerap memamerkan XFC Concept di beberapa kota, namun statusnya masih sekadar perkenalan saja.

Desain paten mobil Mitsubishiwww.dgip.go.id (berita resmi desain industri) Desain paten mobil Mitsubishi

Kabarnya pada semester kedua tahun 2023 bakal menjadi waktu peluncuran XFC Concept versi produksi massal, tepatnya di pameran otomotif akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

“XFC sudah memasuki tahap terakhir pengembangan dan siap diperkenalkan pada konsumen di salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia, beberapa bulan lagi,” ucap Eiichiro Hamazaki, Direktur Divisi After Sales Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) belum lama ini kepada Kompas.com.

Namun, terkait spesifikasi mesin dan detail lainnya, Hamazaki enggan untuk berkomentar lebih jauh. Namun dirinya meyakini jika SUV ringkas itu akan memenuhi ekspektasi calon konsumen.

Sebagai informasi, Mitsubishi XFC Concept melakukan debut pada ajang IIMS 2023 yang digelar pada 16-26 Februari lalu.

Foto stok: Mitsubishi XFC ConceptKOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Mitsubishi XFC Concept

Melihat desainnya, XFC Concept mengusung gril depan yang tampak dibuat cukup besar di bawah logo tiga berlian.

Desain lampunya juga cukup unik, di mana pada sisi kanan dan kiri depan modelnya cukup agresif. Namun pada bumper juga masih terdapat lampu DRL dengan bentuk heksagon.

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan Masyarakat Saat Melihat Kecelakaan Lalu Lintas

Dilihat dari samping, jarak terendah ke tanahnya cukup tinggi yang menguatkan karakter SUV. Hal itu juga didukung dengan garis desainnya yang nampak kekar dan kaki-kaki yang besar.

XFC Concept juga disebut memiliki empat mode berkendara yang sudah disesuaikan dengan kontur jalan negara Asia Tenggara yang beriklim tropis, yakni Normal, Gravel, Mud dan Wet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com