Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Kerusakan Dinamo Ampere yang Masih Bisa Diperbaiki

Kompas.com - 06/05/2023, 17:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbaikan dinamo ampere atau alternator bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk menggantinya secara keseluruhan. Cara tersebut tentu lebih menghemat biaya perbaikan mobil.

Namun, apakah perbaikan dinamo ampere aman dilakukan mengingat komponen tersebut adalah perangkat pembangkit listrik untuk menyuplai daya aki mobil?

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan perbaikan dinamo ampere bisa saja aman dilakukan, tapi kembali lagi perlu melihat jenis kerusakannya.

Baca juga: Dinamo Ampere Mobil Rusak Tidak Melulu Harus Diganti Baru

Dinamo ampere atau alternator dilepas dari mobilKompas.com/Erwin Setiawan Dinamo ampere atau alternator dilepas dari mobil

“Kalau hanya bearingnya yang rusak, itu aman saja diperbaiki, tapi kalau sudah menyangkut lilitan yang putus, sebaiknya dihindari untuk memperbaikinya,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Sabtu (6/5/2023).

Bambang mengatakan ada risiko bila dalam proses penggulungan ulang lilitan tidak bagus. Sehingga, ada peluang terjadi pekerjaan ulang dalam hal ini.

Menurut Bambang, gulungan lilitan dari pabrik memiliki kualitas yang lebih presisi sehingga risiko terjadinya kesalahan lebih minim.

“Kalau sudah ada yang putus lilitannya, sebaiknya diganti saja dengan yang baru daripada bolak-balik memperbaiki akibat perbaikan yang tidak benar” ucap Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com