Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Tanda Dinamo Ampere Mobil Mulai Rusak

Kompas.com - 06/05/2023, 11:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinamo ampere atau alternator merupakan komponen mesin yang bertugas menjaga suplai daya listrik menuju aki mobil tetap stabil. Dengan demikian, usia baterai menjadi lebih awet karena selalu mendapatkan asupan listrik.

Komponen ini tidak membutuhkan penggantian secara rutin, karena termasuk suku cadang yang awet jika diperlakukan dengan baik. Maka dari itu, pengguna mobil harus paham seperti apa ciri-ciri bila dinamo ampere sudah mulai rusak agar segera bisa diperbaiki.

Lantas, seperti apa tanda-tanda dinamo ampere mulai rusak?

Baca juga: Kenali 3 Sumber Bunyi Kasar pada Dinamo Ampere

Penyebab bunyi dengung alternatorKompas.com/Aditya Maulana Penyebab bunyi dengung alternator

Pemilik Aha Motor Yogyakarta Hardi Wibowo mengatakan dinamo yang sudah rusak ditandai dengan beberapa gejala, yang mana setiap gejala memerlukan solusi yang berbeda.

“Rusaknya dinamo ampere ada beberapa jenis, ada yang membuat malfungsi sehingga sistem pengisian tidak bekerja dengan baik dan ada yang sekadar menyebabkan bunyi dengung, tapi dari gejala tersebut memang sebaiknya segera dilakukan perbaikan,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (6/5/2023).

Hardi mengatakan kerusakan yang tidak bisa ditunda perbaikannya adalah ketika fungsi dari dinamo ampere tidak baik, hal itu akan membuat aki mobil tekor dan menyebabkan mobil mogok.

Baca juga: Upgrade Aki dan Alternator, Ada Risiko yang Harus Ditanggung

Proses pembongkaran alternator atau dinamo ampereKompas.com/Erwin Setiawan Proses pembongkaran alternator atau dinamo ampere

Daripada sampai menunggu mobil mogok, maka bila sudah muncul gejala bahwa fungsi dinamo ampere tidak baik sebaiknya mobil langsung dibawa ke bengkel atau ke spesialis dinamo ampere.

“Tanda bila fungsi dinamo ampere sudah tidak baik bisa dilihat dari indikator aki berwarna merah di layar informasi, normalnya lampu tersebut mati ketika mesin hidup, sehingga ketika lampu itu menyala padahal mesin bekerja itu tandanya pengisian aki tidak normal,” ucap Hardi.

Pengisian aki yang abnormal bisa terjadi lantaran daya listrik yang mengalir terlalu kecil atau justru sebaliknya, terlalu besar. Kedua kondisi tersebut dapat merusak aki, sehingga sebaiknya segera diperbaiki.

Baca juga: Ganti Aki dengan Kapasitas Lebih Besar Bisa Merusak Alternator?

Honda Brio RS facelift 2023KOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda Brio RS facelift 2023

“Selain lampu indikator aki menyala, bila aki mobil dirasa cepat tekor maka tidak ada salahnya untuk memeriksakan kesehatan dinamo ampere, siapa tahu pada kondisi tertentu suplai daya listrik tidak sesuai standarnya,” ucap Hardi.

Hardi juga mengatakan rusaknya dinamo ampere bisa berupa bunyi dengung di area mesin ketika sedang bekerja. Bunyi tersebut akan semakin kencang siring naiknya putaran mesin.

Bunyi dengung tersebut biasanya disebabkan oleh bearing atau puli, namun tetap perlu dilakukan pemeriksaan karena bisa saja bunyi disebabkan oleh hal lain seperti dioda rectifier yang sudah rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com